Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkendara Aman via Pantai Selatan, Hal Ini yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 24/01/2023, 09:42 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Pantai Selatan (Pansela) bakal menjadi salah satu rute alternatif bagi masyarakat yang akan menempuh perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Dari hasil peninjauan selama tiga hari bersama Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kementerian PUPR, Pansela sudah terhubung mulai dari Banten hingga Yogyakarta.

Jalur ini akan menjadi sajian baru bagi pemudik yang ingin menikmati perjalanan dengan ragam pemandangan yang memanjakan mata.

Namun agar aman, ada beberapa tips yang bisa dijadikan acuan pengendara. Hal ini penting untuk diperhatikan, mengingat masih minimnya fasilitas di Pansela seperti rambu lalu lintas, marka jalan, sampai penerangan yang cukup krusial.

Baca juga: Ini Daerah Rawan di Pansela yang Belum Direkomendasikan untuk Dilalui

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi mengatakan, baiknya masyarakat yang akan berkendara via Pansela mengatur waktu perjalanan dengan baik agar bisa lebih menikmati.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kesiapan PanselaKEMENHUB Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kesiapan Pansela

"Mereka yang yang akan mudik persiapkan kondisi agar tetap sehat, termasuk untuk mobil atau kendaraan yang akan digunakan. Saya tetap mengimbau kalau bisa jangan pakai roda dua," ucap Firman kepada media, di Jembatan 2 Kretek, Bantul, Yogyakarta, Minggu (22/1/2023).

Firman menjelaskan, pengendara yang melintas Pansela agar menjaga konsentrasinya dalam berkendara, karena ada beberapa titik yang perlu diperhatikan. Bila kondisi sudah lelah, baiknya jangan memaksakan diri dan segera beristirahat.

Dengan waktu tempuh yang lebih panjang, memang perjalanan via Pansela cukup melelahkan. Karena itu disarankan agar mengatur waktu dengan baik dan beristirahat.

"Imbauan saya, beberapa tentunya karena jalannya tidak selebar yang umum, artinya betul-betul masyarakat harus waspada ketika sedang berpapasan. Karena itu, saya sampaikan masyarakat yang akan menggunakan Jalur Sselatan, kita tidak menggunakan pendekatan kecepatan untuk sampai tujuan, tapi menikmati pantai Sselatan itu sendiri," ucap Firman.

Jalan rusak dan berlubang di rute Pansela Jawa BaratKOMPAS.com/STANLY RAVEL Jalan rusak dan berlubang di rute Pansela Jawa Barat

Hal senada diucapkan Cucu Mulyana, Direktur Lalu Lintas Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, yang menyarankan agar melintasi Pansela di siang hari.

Baca juga: Rute Pansela Masih Dihiasi Kerusakan Jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.