Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Pansela Masih Dihiasi Kerusakan Jalan

Kompas.com - 21/01/2023, 10:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Pelaksanaan survei hari kedua Jalur Pantai Selatan (Pansela) yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, berlangsung dari Pelabuhan Ratu menuju Pangandaran, Jawa Barat.

Dari hasil peninjauan, ditemui adanya beberapa ruas jalan yang masih perlu dilakukan perbaikan untuk kelancaran dan kenyamanan ketika Pansela dijadikan alternatif arus mudik Lebaran 2023.

"Lebar rata-ratanya cukup baik 7 meter dan kondisinya juga cukup baik, hanya tadi beberapa tempat seperti kita ikuti bersama di ruas Surade-Tegalbuleud tadi ada kurang lebih 10 kilometer (km) yang ada lubang-lubang kasar," kata Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi, kepada media di Karang Potong, Cianjur, Jumat (20/1/2023).

Baca juga: Cek Jalur Pansela, Penerangan Jalan Jadi Isu Utama

Lebih lanjut Cahyadi menjelaskan, penanganan perbaikan pada ruas tersebut, termasuk ruas lain sudah diprogramkan. Diupayakan kondisinya bisa lebih baik sebelum Lebaran.

Pengecekan Jalur Pantai SelatanKEMENHUB Pengecekan Jalur Pantai Selatan

Ketika melintasinya bersama rombongan, kondisi jalan yang rusak memang sedikit membuat hambatan. Apalagi kebanyakan ditemui saat berbelok, bahkan beberapa ada yang saat turunan.

Jalan yang berlubang cukup rawan dilalui mobil kecil seperti city car atau LCGC. Apalagi ketika malam hari dengan penerangan jalan yang masih minim, dan hampir tak ada fasilitas bengkel mobil yang tersedia.

Tak hanya perbaikan jalan, Cahyadi menjelaskan, Kementerian PUPR juga sudah menganggarkan dana untuk perbaikan dan pelebaran jembatan.

Hal ini penting dilakukan mengingat dimensi jalan pada beberapa jembatan hanya bisa dilalui untuk satu mobil yang berpotensi menimbulkan kepadatan.

Baca juga: Kemenhub Kebut Kelengkapan Fasilitas Keselamatan Jalan di Pansela

"Jadi tahun ini kita ada paket penggantian sebanyak 9 jembatan dengan nilai Rp 148 miliar. Kita sedang proses lelang, isunya Pansela di Jawa Barat saya kira masih sama dengan di Banten, masih kekurangan fasilitas lengkapnya untuk rambu-rambu lalu lintas, penerangan jalan, dan lainnya," ucapnya.

Salah satu jembatan di jalur Pansela, Jawa BaratKOMPAS.com/STANLY RAVEL Salah satu jembatan di jalur Pansela, Jawa Barat

Diketahui untuk Pansel di Jawa Barat memiliki panjang 416 Km dengan kelebaran jalan rata-rata 7 meter. Dengan jarak tersebut memang membutuhkan waktu tempuh yang bisa dibilang lebih lama dari akses umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com