Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2023, 10:22 WIB

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Pelaksanaan survei hari kedua Jalur Pantai Selatan (Pansela) yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, berlangsung dari Pelabuhan Ratu menuju Pangandaran, Jawa Barat.

Dari hasil peninjauan, ditemui adanya beberapa ruas jalan yang masih perlu dilakukan perbaikan untuk kelancaran dan kenyamanan ketika Pansela dijadikan alternatif arus mudik Lebaran 2023.

"Lebar rata-ratanya cukup baik 7 meter dan kondisinya juga cukup baik, hanya tadi beberapa tempat seperti kita ikuti bersama di ruas Surade-Tegalbuleud tadi ada kurang lebih 10 kilometer (km) yang ada lubang-lubang kasar," kata Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Kementerian PUPR Akhmad Cahyadi, kepada media di Karang Potong, Cianjur, Jumat (20/1/2023).

Baca juga: Cek Jalur Pansela, Penerangan Jalan Jadi Isu Utama

Lebih lanjut Cahyadi menjelaskan, penanganan perbaikan pada ruas tersebut, termasuk ruas lain sudah diprogramkan. Diupayakan kondisinya bisa lebih baik sebelum Lebaran.

Pengecekan Jalur Pantai SelatanKEMENHUB Pengecekan Jalur Pantai Selatan

Ketika melintasinya bersama rombongan, kondisi jalan yang rusak memang sedikit membuat hambatan. Apalagi kebanyakan ditemui saat berbelok, bahkan beberapa ada yang saat turunan.

Jalan yang berlubang cukup rawan dilalui mobil kecil seperti city car atau LCGC. Apalagi ketika malam hari dengan penerangan jalan yang masih minim, dan hampir tak ada fasilitas bengkel mobil yang tersedia.

Tak hanya perbaikan jalan, Cahyadi menjelaskan, Kementerian PUPR juga sudah menganggarkan dana untuk perbaikan dan pelebaran jembatan.

Hal ini penting dilakukan mengingat dimensi jalan pada beberapa jembatan hanya bisa dilalui untuk satu mobil yang berpotensi menimbulkan kepadatan.

Baca juga: Kemenhub Kebut Kelengkapan Fasilitas Keselamatan Jalan di Pansela

"Jadi tahun ini kita ada paket penggantian sebanyak 9 jembatan dengan nilai Rp 148 miliar. Kita sedang proses lelang, isunya Pansela di Jawa Barat saya kira masih sama dengan di Banten, masih kekurangan fasilitas lengkapnya untuk rambu-rambu lalu lintas, penerangan jalan, dan lainnya," ucapnya.

Salah satu jembatan di jalur Pansela, Jawa BaratKOMPAS.com/STANLY RAVEL Salah satu jembatan di jalur Pansela, Jawa Barat

Diketahui untuk Pansel di Jawa Barat memiliki panjang 416 Km dengan kelebaran jalan rata-rata 7 meter. Dengan jarak tersebut memang membutuhkan waktu tempuh yang bisa dibilang lebih lama dari akses umumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.