Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Ini Gagal Dicuri Maling karena Akinya Dilepas

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur panjang Imlek 2023 pada akhir pekan ini, para pemilik motor yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong harus lebih waspada. Pasalnya, aksi kegiatan semakin marak belakangan ini dan mengancam motor kesayangan Anda.

Seperti kejadian baru-baru ini di Depok, Jawa Barat, di mana sebuah motor nyaris dibawa kabur maling saat diparkir di depan rumah.

Namun menariknya, motor sport tersebut tidak jadi dibawa kabur oleh maling lantaran sang pemilik telah mencabut aki motor.

Untuk diketahui, melepas aki motor memang jadi salah satu trik untuk mengecoh maling, di samping memasang kunci ganda pada motor kesayangan.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, melepas aki motor buat keamanan sah saja dilakukan. Namun, pemilik harus memperhatikan cara benar melepas dan memasang aki motor.

Meskipun aki bisa dicopot dengan mudah, ternyata prosesnya harus dilakukan dengan benar untuk menghindari risiko buruk yang bisa terjadi seperti korsleting.

“Pada saat mencopot aki, bisa dimulai dari melepas kabel negatif lebih dulu baru kemudian kabel positif,” ujar Rendra kepada Kompas.com (20/1/2023).

Dalam kondisi kabel negatif terlepas, seluruh aliran listrik yang berlangsung di motor bakal langsung terputus.

"Jika kabel positif duluan yang dilepas, seluruh perangkat elektrikal di motor masih tetap terhubung dengan aliran listrik. Makanya, kalau kabel positif yang dilepas duluan, bakal timbul percikan api di kutub aki motor,” ucap Rendra.

Hasilnya, pengguna pun berpeluang kesetrum atau terjadi kebakaran jika kabel positif dilepas lebih dulu.

Meskipun tidak langsung merusak, melepas kabel positif lebih dulu berpeluang membuat perangkat kelistrikan di motor eror atau malafungsi

“Untuk pemasangan aki justru sebaliknya, yaitu hubungkan kabel positif lebih dulu baru kabel negatif ke aki,” kata Rendra.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/20/150100015/motor-ini-gagal-dicuri-maling-karena-akinya-dilepas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke