Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Mobil Bekas Tabrakan Masih Layak Dibeli?

Kompas.com - 20/01/2023, 13:12 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Sering tersebar kabar bahwa dalam membeli mobil bekas perlu teliti karena bisa saja mobil tersebut bekas tabrakan.

Artinya, banyak oknum pedagang mobil bekas yang menjual mobil bekas tabrakan. Hal ini cukup membingungkan bagi sebagian masyarakat. Pasalnya hampir semua mobil bekas di showroom mobil bekas dalam kondisi mulus.

Lantas, sebenarnya mobil bekas tabrakan ini masih layak dibeli atau tidak ya?

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Terlibat Tabrakan di Jalan Raya?

Diler Mobil Bekas di MGK KemayoranKompas.com/ Janlika Putri Diler Mobil Bekas di MGK Kemayoran

Pemilik Sriyatin Car Bintaro Agus Setiawan mengatakan, pada kondisi tertentu mobil bekas tabrakan masih layak saja untuk dibeli, asal masih bisa diperbaiki dan biayanya tidak terlalu banyak.

“Selama mobil bekas tabrakan tersebut masih bisa diperbaiki, maka mobil tersebut masih layak dibeli, dalam hal ini perlu perhitungan yang matang untuk biaya perbaikannya nanti agar mobil kembali layak digunakan, nyaman serta aman,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Dia mengatakan mobil bekas tabrakan sebenarnya bisa digolongkan ke tiga kategori, parah, sedang dan ringan.

Baca juga: Pakai Rumus 3 Detik untuk Hindari Tabrakan Beruntun di Jalan Tol

RINGSEK--Inilah kondisi mobil Toyota Vios yang dikemudikan Soegeng Harijanto (51, korban kecelakaan beruntun yang melibatkan dua mobil dan satu sepeda motor di depan PT Inka Multi Solution (IMS) di  ruas jalan Madiun – Surabaya,  Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (25/8/2022) sore. Mobil korban ringsek setelah bertabrakan dengan mikrobus lKOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Madiun RINGSEK--Inilah kondisi mobil Toyota Vios yang dikemudikan Soegeng Harijanto (51, korban kecelakaan beruntun yang melibatkan dua mobil dan satu sepeda motor di depan PT Inka Multi Solution (IMS) di ruas jalan Madiun – Surabaya, Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (25/8/2022) sore. Mobil korban ringsek setelah bertabrakan dengan mikrobus l

Mobil bekas tabrakan yang kondisinya parah, itu yang susah membuat perhitungannya, biasanya ringseknya sampai merusak chasis, selain butuh biaya yang sangat banyak untuk perbaikannya, biasanya susah untuk diperbaiki, jadi performa mobil menjadi tidak nyaman,” ucap Agus.

Dia mengatakan untuk mobil bekas tabrakan yang kondisinya ringsek parah sebaiknya tidak dibeli karena bakal merugikan pembeli.

“Kalau pun mobil bekas tabrakan yang ringsek parah ini dibeli untuk diperbaiki lalu dijual kembali, itu resikonya ada di biaya perbaikan yang membengkak, dan bisa berpengaruh pada kenyamanan bila perbaikannya tidak bagus, kalau ringseknya sampai ke chasis umumnya susah diperbaiki,” ucap Agus.

Baca juga: Ketahui Aturan Jaga Jarak Aman agar Terhindar dari Tabrakan Beruntun

Diler Mobil Bekas di MGK KemayoranKompas.com/ Janlika Putri Diler Mobil Bekas di MGK Kemayoran

Sebagai pelaku jual beli mobil bekas dan bengkel, Agus akan berpikir berkali-kali lipat bila harus membeli mobil bekas tabrakan yang kondisinya ringsek parah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.