Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 11:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com Parkir mobil di jalan menurun atau menanjak tidak boleh sembarangan. Sebab sangat berisiko, apalagi ada komponen rem yang tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan bahaya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, hal-hal teknis untuk parkir di tanjakan atau jalan yang tidak rata juga mencakup komponen transmisi. 

"Rem tangan atau handbrake belum tentu mengunci roda, ada risiko terlepas bila rem bermasalah. Transmisi bisa digunakan, khusus manual gigi di posisikan ke 1, untuk matik wajib di posisi P," kata Sony di Jakarta. 

Baca juga: Nekat Parkir di Trotoar, Motor Bisa Diangkut dan Didenda Rp 250.000

Posisi ban juga menentukan keamanan di tempat parkir. Menurut Sony, ban yang dibelokkan ke sisi luar trotoar dapat menghindari mobil meluncur ke bawah. 

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

"Trotoar yang akan mengganjal mobil. Safety untuk mencegah kecelakaan fatal. Bila rem sampai gagal menahan, paling tidak tertahan oleh trotoar," ucapnya. 

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, saat parkir yang dibutuhkan bukan sebatas teknik dasar parkir. Tapi, membaca situasi terutama tempat parkir yang aman. 

"Sebisa mungkin, bila di tanjakan atau turunan sebaiknya dihindari. Teknik parkir oke, tapi faktor teknis kendaraan kan enggak terprediksi," kata Jusri. 

Baca juga: Kejadian Lagi, Mobil Meluncur Akibat Lupa Tarik Rem Tangan

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana menyarankan, cek fungsi rem baik pengereman utama atau rem tangan penting dilakukan secara berkala. 

Ilustrasi rem tangan mobil () Ilustrasi rem tangan mobil

"Kekencangan dan fungsi rem, terutama hand rem. Banyak kasus handbrake meluncur di jalan turunan atau tanjakan saat parkir. Kampas rem tangan sering lengket. Mobil yang parkir lama atau basah setelah di cuci kampas rem biasanya berkarat," kata Andika. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.