Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idle Mesin Agya dan Ayla Bermasalah, Apa yang Perlu Diperbaiki?

Kompas.com - 20/01/2023, 06:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil low cost green car atau LCGC seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla banyak dijadikan pilihan bagi masyarakat Indonesia. 

Kedua mobil kembar tersebut harganya relatif murah dan irit bahan bakar, serta biaya perawatan yang terjangkau. 

Namun, ada beberapa kerusakan yang sering dikeluhkan kosumen, yaitu mesin bergetar dan idle tidak stabil. Bahkan gejala yang ditimbulkan mesin terasa hampir mati sendiri. Lantas apa yang terjadi? 

Kepala Bengkel Astra Daihatsu Majapahit Semarang Sapto Pamungkas mengatakan, ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab kerusakan. Pertama, komponen pengapian seperti busi kotor atau kadaluarsa. Kedua, komponen kelistrikan dan sensor pada mesin yang bermasalah. 

"Busi kotor bisa brebet, mesin seperti tidak stabil di masing-masing cylinder. Kalau sensor,  yang sering membuat mesin tidak stabil itu koil dan throttle body. Keduanya digunakan untuk mengatur pasokan tekanan udara dan api untuk ruang bakar mesin," kata Sapto. 

Baca juga: Benarkah Konsumsi Bahan Bakar Mobil Saat Hujan Lebih Irit?

Gejala paling sering dikeluhkan saat kedua komponen tersebut bermasalah adalah mesin bergetar, tenaga ngedrop, dan mesin sulit menyala saat pertama kali dihidupkan. 

Masalah yang terjadi kemungkinan besar bertambah parah. Menurut Sapto, pengaruhnya akan begitu terasa terutama untuk konsumsi bahan bakar. 

Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikanDicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Motor Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan

"Tenaga mesin ngedrop. Dan itu tarikan (akselerasi) menjadi berat dan di tanjakan sering kehabisan nafas. Bahan bakar harian terasa sekali perbedaannya, boros. Mesin sehat kan seharusnya campuran BBM dan udara seimbang," tambahnya. 

"Kalau busi itu karena kerak yang menumpuk. Faktornya BBM pakai oktan rendah. Throttle body yang kotor juga sering membuat idle naik turun, enggak stabil," ucap Sapto. 

Apabila mengalami masalah tersebut otomatis mesin susah dinyalakan, dan saat digunakan berkendara membuat tenaga tidak responsif. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.