Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Lebih Cocok Pakai Mobil Transmisi Matik?

Kompas.com - 19/01/2023, 16:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comMobil transmisi matik banyak digunakan oleh perempuan karena lebih mudah digunakan. Tapi stereotipe seperti ini membuat seolah kaum hawa kurang pandai menyetir mobil.

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting, mengatakan jika kemudahan dalam mengoperasikan mobil matik, bukan jadi tolok ukur kemampuan perempuan membawa mobil di jalan raya.

“Kalau untuk pengoperasian kendaraan memang lebih mudah transmisi matik karena tidak banyak kendalanya,” kata Roslianna pada Kompas.com baru-baru ini.

Baca juga: Karoseri Laksana Luncurkan 10 Bus Baru Pesanan PO Gumarang Jaya

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

Roslianna mengatakan, kemudahan mengoperasikan mobil matik dapat dirasakan saat situasi harus menaikkan atau menurunkan posisi gigi.

Mengendarai mobil matik menjadi lebih santai karena hanya mengoperasikan dua pedal kaki, alasan ini yang membuat wanita lebih memilih mobil matik.

Menurut Roslianna wanita memang cenderung lebih cepat belajar mengendarai mobil matik. Meskipun demikian, baik itu mengoprasikan mobil matik atau manual tidak boleh disepelekan.

Baca juga: Land Rover Optimistis Jual Range Rover PHEV di Indonesia

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Gerakan kaki dan tangan pengemudi mobil dituntut harus awas. Kaki dan tangan saat mengendarai mobil harus cepat dan tepat untuk mengoperasikan pedal kopling dan persneling.

Jika ada kesalahan dalam mengoperasikan pedal mobil, maka ada dampak yang timbul dan bisa membahayakan pengemudi sendiri serta pengguna jalan lain.

Kemudian alasan lain wanita lebih memilih mobil matik ialah karena mobil matik tidak akan membuat wanita harus alami mesin mobil mati. Misalnya mesin mobil mati saat macet, pergantian gigi atau melakukan putar balik.

Baca juga: Kenali 4 Jenis Rambu Lalu Lintas di Jalan Raya

Ilustrasi pengemudi wanitaunsplash.com/Jenny Ueberberg Ilustrasi pengemudi wanita

Namun, dipilihnya mobil matik oleh wanita juga tergantung pada kebutuhan dan budget yang dimiliki. Oleh karena itu, meskipun banyak dijadikan pilihan kendaraan pribadi wanita, namun mobil transmisi manual juga tidak sepi peminat wanita.

Misalnya karena anggapan mobil manual memiliki harga dan biaya perawatan yang lebih murah dari mobil matik. Pertimbangan inilah yang membuat beberapa wanita memilih mobil manual.

“Baik itu mobil matik atau manual, kembali lagi ke kebutuhan dari wanita tersebut dan budget dana pembelian kendaraan yang dimiliki,” kata Roslianna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com