Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Pastikan Bakal Punya Pabrik Perakitan di Indonesia

Kompas.com - 11/01/2023, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) menyatakan sudah memiliki rencana jangka menengah dan panjang untuk memproduksi kendaraan bermotor di dalam negeri guna meningkatkan nilai tambah.

Mengingat saat ini, seluruh produk yang dipasarkan Kia, walau sudah di bawah naungan Indomobil Group, masih berupa impor. Hanya saja pihak perseroan belum ingin membuka informasi lebih jauh mengenai hal tersebut.

"Perakitan kendaran sudah ada di agenda dan kalender PT Kreta Indo Artha, yang akan diumumkan di waktu yang akan datang," kata Marketing and Development Division Head KIA, Ario Soerjo kepada Kompas.com, Selasa (10/1/2023).

Baca juga: Suplai Macet, Penjualan Kia Indonesia Menurun

Kia CarensKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kia Carens

Mengenai rencana investasi dan apakah menggunakan fasilitas milik Indomobil Group di Indonesia untuk aktivitas produksi kendaraannya sendiri, Ario belum ingin membicarakan lebih jauh.

Tetapi yang pasti saat ini pihak Kia sedang menyiapkan beragam aspek supaya rencana terkait bisa segera terlaksana. Termasuk produk atau model yang sekiranya bisa dibuat di sini.

"Jadi kita masih mempelajari baik mobil komersil, mobil besar, mobil kecil, kita sudah kasih proposal ke perindustrian, saya belum bisa bilang untuk modelnya apa," kata Ario lagi dalam kesempatan terpisah.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Begini Tips Beli Pelek Bekas untuk Mobil

Rebranding logo baru KIACarsguide Rebranding logo baru KIA

Tapi kalau berdasarkan permintaan, Kia Sonet bisa jadi yang pertama untuk masuk dapur produksi karena tiap bulannya bisa mencatat SPK sekitar 200 unit. Kemudian dilanjuti oleh Carens dengan SPK 100 unit-an dan Seltos 50-60 unitan.

"Backbone Kia saat ini tetap adalah Kia Sonet, dimana dikelasnya telah memenangkan beberapa penghargaan yang prestisius setiap tahun setelah diluncurkan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com