Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Aksesori Harley-Davidson Buatan Lokal Bisa Eksis di Luar Negeri

Kompas.com - 11/01/2023, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Surui Motor Garage akan membawa dua motor Harley-Davidson yang sudah dimodifikasi ke Motor Bike Expo di Verona Italia. Modifikasi yang dilakukan melibatkan berbagai pihak, yaitu Garasi 19, Kawahara Racing, dan Free Flow.

Keunikan dari Harley-Davidson yang dibawa ke Italia tersebut adalah dicat dengan motif batik dan penggunaan aksesori buatan lokal, tepatnya oleh Kawahara Racing.

Kawahara Racing membuat berbagai komponen, dari knalpot, derby cover, raiser, triple clamp, air juicer, swing arm, floor boards, sampai bracket kaliper rem. Merek yang digunakan Kawahara untuk produk moge ini disebut Surui.

Baca juga: Surui Garage Apps, Aplikasi Modifikasi Virtual Moge Harley-Davidson

Harley Davidson Roadglide Ujwala dan Dyna dari Surui Motor Garage, hasil kolaborasi Garasi 19, Free Flow, dan Kawahara RacingKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Harley Davidson Roadglide Ujwala dan Dyna dari Surui Motor Garage, hasil kolaborasi Garasi 19, Free Flow, dan Kawahara Racing

Sembari mengikuti pameran motor tersebut, Surui Motor Garage punya tujuan untuk memperkenalkan produk lokal ke kalangan global. Hal tersebut seperti yang dikatakan Deny, Partner Founder Surui.

"Kita perkenalkan ke mereka bahwa indonesia juga punya produk kayak gini, enggak kalah keren sama produk-produk yang saat ini dikuasai Amerika dan Eropa, termasuk knalpot," ucap Deny di Jakarta, belum lama ini.

Bukan cuma memperkenalkan produk lokal, harapan lain adalah ketika barang diminati, Pemerintah bisa mempermudah para produsen lokal untuk ekspor ke mancanegara.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kelebihan atau Kekurangan Udara?


"Semoga produk lokal ini dipermudah untuk bisa shiping ke luar. Banyak teman-teman yang (mengeluh) mengirim produknya ke luar itu mahal banget shiping-nya," ucap Andre C Tenardi, Founder Garasi 19.

Andre mengatakan, jika produk lokal bisa disukai oleh orang dari luar negeri maka bisa menarik perhatian pemerintah. Akhirnya, proses ekspor barang dari Indonesia bisa dipermudah.

"Semoga ini membuka pintu di Eropa, orang-orang di luar sana mau beli barang dari kita. Sehingga kita dilirik, dipermudah untuk bisa ekspor ke luar (negeri)," kata Andre.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.