Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Upaya Aksesori Harley-Davidson Buatan Lokal Bisa Eksis di Luar Negeri

JAKARTA, KOMPAS.com - Surui Motor Garage akan membawa dua motor Harley-Davidson yang sudah dimodifikasi ke Motor Bike Expo di Verona Italia. Modifikasi yang dilakukan melibatkan berbagai pihak, yaitu Garasi 19, Kawahara Racing, dan Free Flow.

Keunikan dari Harley-Davidson yang dibawa ke Italia tersebut adalah dicat dengan motif batik dan penggunaan aksesori buatan lokal, tepatnya oleh Kawahara Racing.

Kawahara Racing membuat berbagai komponen, dari knalpot, derby cover, raiser, triple clamp, air juicer, swing arm, floor boards, sampai bracket kaliper rem. Merek yang digunakan Kawahara untuk produk moge ini disebut Surui.

Sembari mengikuti pameran motor tersebut, Surui Motor Garage punya tujuan untuk memperkenalkan produk lokal ke kalangan global. Hal tersebut seperti yang dikatakan Deny, Partner Founder Surui.

"Kita perkenalkan ke mereka bahwa indonesia juga punya produk kayak gini, enggak kalah keren sama produk-produk yang saat ini dikuasai Amerika dan Eropa, termasuk knalpot," ucap Deny di Jakarta, belum lama ini.

Bukan cuma memperkenalkan produk lokal, harapan lain adalah ketika barang diminati, Pemerintah bisa mempermudah para produsen lokal untuk ekspor ke mancanegara.

"Semoga produk lokal ini dipermudah untuk bisa shiping ke luar. Banyak teman-teman yang (mengeluh) mengirim produknya ke luar itu mahal banget shiping-nya," ucap Andre C Tenardi, Founder Garasi 19.

Andre mengatakan, jika produk lokal bisa disukai oleh orang dari luar negeri maka bisa menarik perhatian pemerintah. Akhirnya, proses ekspor barang dari Indonesia bisa dipermudah.

"Semoga ini membuka pintu di Eropa, orang-orang di luar sana mau beli barang dari kita. Sehingga kita dilirik, dipermudah untuk bisa ekspor ke luar (negeri)," kata Andre.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/11/084200915/upaya-aksesori-harley-davidson-buatan-lokal-bisa-eksis-di-luar-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke