Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jalan di Indonesia yang Paling Sulit Dilewati Menurut Sopir Bus

Kompas.com - 09/01/2023, 17:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Peran sopir menjadi bagian penting dalam setiap perjalanan yang aman menggunakan bus Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan yang mumpuni dari seorang sopir bus AKAP.

Kendati telah sering melewati rute panjang dengan berbagai lintasan, menurut beberapa sopir bus AKAP setiap jalan di Indonesia punya karakter yang berbeda.

Oleh Karena itu, dalam mengendarai bus yang bijak harus bisa menyesuaikan setiap kondisi jalan, apalagi bus merupakan kendaraan berat.

Baca juga: SIM CI Ditargetkan Berlaku Tahun Ini, Cirebon Kota yang Pertama

Tessy, sopir bus AKAP dari PO Haryanto mengatakan jika tingkat kesulitan mengendarai bus itu tergantung sudah hafal atau belum jalan tersebut.

“Mengenai tingkat kesulitan lintasan, kiranya semua lintasan tergantung hafal medan jalan tersebut, khususnya jalan Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat,” kata Tessy kepada Kompas.com, Minggu (9/10/2022).

 

Melengkapi hal tersebut, salah satu sopir bus AKAP dari PO Raya berpendapat jika untuk lintasan bus AKAP di Pulau Jawa kebanyakan tidak menantang karena sudah sering dilewati.

“Yang rumit itu biasanya jalur di Pulau Sumatera. Tapi saya belum pernah ke jalur Sumatera. Biasanya yang paling sering disebut sulit oleh sesame rekan sopir bus AKAP itu di Padang namanya Kelok 9.Tapi sesusah apapun kalau si pengemudi sudah tahu medannya, itu tidak jadi masalah,” kata sopir bus PO Raya tersebut.

Suasana Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terpantau belum adanya lonjakan penumpang bus AKAP menjelang libur Natal dan tahun baru 2022, Selasa (6/12/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Suasana Terminal Kalideres, Jakarta Barat, terpantau belum adanya lonjakan penumpang bus AKAP menjelang libur Natal dan tahun baru 2022, Selasa (6/12/2022).

Pria yang sudah menjadi sopir bus PO Raya selama 10 tahun tersebut juga menyebutkan jika Alas Roban menjadi jalan yang paling rumit bagi para sopir bus di Pulau Jawa beberapa tahun silam.

Menurutnya sebelum ada Tol Cipali jalan tersebut terlalu berkelok-kelok, namun bagi yang sudah sering melintasi pasti akan tahu harus melakukan apa.

“Kalau pengemudi sudah tahu medannya pasti tidak akan susah. Nah kalau si pengemudi belum tahu medan jalan tersebut, maka harus melaju dengan pelan-pelan agar tidak terjadi kecelakaan. Kalau sopir bus itu biasa nya jika sudah sekali melewati sudah mengerti harus bertindak bagaimana, pakai gigi berapa, oper nya gimana, timingnya pasti sudah tahu,” katanya.

Baca juga: Usai Tambal Ban Ternyata Mobil Wajib Balancing

Namun, menurut pria yang sebelumnya pernah bekerja menjadi sopir truk tersebut mengatakan sejauh ini yang sulit adalah membawa bus pariwisata.

“Bus pariwisata itu hari ini kita kemana, besok kemana. Rutenya tidak seperti bus AKAP yang lewatnya jalan itu terus. Bus pariwisata rutenya beda-beda, maka dari itu sebagai pengenalan jalan harus melaju pelan-pelan,” kata sopir bus AKAP tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.