Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Mobil yang Pernah Kebanjiran Jadi Rawan Rusak?

Kompas.com - 07/01/2023, 11:42 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Penanganan mobil yang terendam banjir kebanyakan dilakukan di bengkel resmi atau salon-salon mobil. 

Banjir yang cukup tinggi berpeluang menyebabkan kerusakan berat pada komponen-komponen tertentu, terutama kelistrikan dan mesin.

Sebagian pengguna jalan tetap menerjang banjir karena tak ada pilihan lainnya, kebanyakan rute alternatif juga terendam banjir.

Air setinggi lebih dari 50 cm berisiko menyebabkan kabin juga terendam. Komponen-komponen utama kelistrikan seperti ECU, dan sensor-sensor lainnya bisa dikatakan paling berisiko. 

Tak heran, usai banjir beberapa salon dan bengkel resmi kewalahan melayani perbaikan khusus mobil yang kebanjiran. Lantas, apakah nantinya mobil bisa seratus persen aman? 

Kepala Bengkel Honda Gajah Mada Semarang Nanang mengatakan, tergantung kondisi, bisa saja mobil terendam saat parkir atau rusak parah karena digunakan menerjang banjir. 

"Dua kondisi yang berbeda. Mobil bisa rusak berat, biasanya elektrikal, seperti ECU dan sensor-sensor lainnya. Mesin juga bisa, ada 2 ini yang overhaul. Water hammer, stang piston bengkok," kata Nanang. 

Baca juga: Honda Malaysia Rilis Motor Bebek Baru, Saudara Revo

Sementara, kasus kerusakan mobil yang kebanjiran di tempat parkir terbilang lebih ringan. Komponen-komponen utama kelistrikan dan mesin terendam, tetapi dalam kondisi mesin mati. 

Namun, oli mesin dan transmisi tetap wajib diganti. Pada kasus tersebut, kebanyakan setelah di analisa, kata Nanang, tidak ada kerusakan apapun. 

Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang Honda Gajah Mada Semarang Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang

"Ada 3 unit yang cuma perawatan ringan. Jadi, cukup di salon eksterior dan interior serta cek kelistrikan," kata dia. 

Baca juga: Apakah Mobil Mesin Diesel Aman untuk Menerobos Banjir?

Kepala Bengkel Mitsubishi Bumen Redja Abadi Semarang Ali Yusuf mengatakan, perbaikan yang dilakukan terbagi dua sektor, yaitu kelistrikan dan mesin. Risiko selamat juga tetap ada walaupun mobil terendam hingga bagian atap. 

Bagian kabin Mitsubishi Xpander yang terendam banjir Mitsubishi Bumen Redja Semarang Bagian kabin Mitsubishi Xpander yang terendam banjir

"Elektrikal interior dan mesin di cek semuanya. Kalau parah ya sekelas Xpander sekitar Rp 30-40 juta, overhaul dan ECU error. Ada beberapa kemarin pemiliknya sigap, aki langsung dicabut ketika debit air banjir setinggi setengah pintu, aman. Cuma dibersihkan full, tetap normal seperti sediakala," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com