Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2023, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Boon Siew Honda di Malaysia baru saja meluncurkan produk baru, yakni Honda Wave Alpha 2023 dengan berbagai ubahan.

Dikutip dari Great Biker, motor bergaya bebek ini multi fungsi atau bisa untuk berbagai kebutuhan. Pada 2023, ubahan paling signifikan adalah mesinnya yang total baru, dari karburator jadi injeksi atau PGM-Fi.

Selain itu, mesin 109,2 cc terbaru ini juga sudah memenuhi standar emisi Euro 4 dengan klaim lebih hemat 40 persen dari model sebelumnya.

Baca juga: Honda dan Sony Luncurkan Mobil Merek Afeela

Honda Wave Alpha 2023greatbiker Honda Wave Alpha 2023

Secara spesifikasi, Honda Wave Alpha dibekali mesin 109,2 cc satu silinder empat tak SOHC. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut adalah 8,7 TK di 7.500 rpm dan torsi 8,7 Nm di 5.500 rpm.

Kemudian dari sisi desain, Wave Alpha 2023 punya tampilan yang lebih segar dan sporty. Soal lampu, memang masih menggunakan halogen, tapi ada tambahan lampu yang unik di bagian dada motor.

Lalu untuk sasis, masih memakai model Back Bone dengan suspensi depan teleskopik dan belakang double shock absorber. Rem cakram di depan dan tromol belakang serta pelek yang dibalut dengan ban tubeless.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Klasik dan Langka, Cuma 139 Unit di Dunia


Secara dimensi, Wave Alpha punya panjang 1.937 mm, lebar 709 mm, tinggi 1.090 mm, serta wheelbase 1.227 mm. Bobot motor ini juga tergolong ringan, hanya 98 Kg.

Untuk Honda Wave Alpha yang dijual tahun ini, tersedia tiga pilihan warna, merah, biru, dan kuning kombinasi hitam. Motor bebek ini dibanderol 5.179 ringgit atau setara Rp 18 jutaan.

Kalau dibandingkan dengan Honda Revo yang dijual di Indonesia, tenaga dan torsi yang diberikan kurang lebih sama. Tapi untuk Revo punya banderol yang lebih murah, yakni Rp 15.644.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.