Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Showroom Mobil Bekas Belum Sentuh Mobil Listrik

Kompas.com - 04/01/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Jual beli mobil bekas merupakan bisnis yang tidak pernah mati. Peminatnya terus ada sebab mobil bekas menawarkan keunggulan yang tidak dipunya mobil baru, yaitu harga yang terjangkau.

Lantas bagaimana dengan mobil listrik bekas?

Seperti diketahui saat ini sudah ada beberapa merek yang menjual mobil listrik di Indonesia seperti Hyundai dan Wuling namun populasinya belum banyak.

Baca juga: Tahun Baru 2023, Harga Yamaha R15 Naik, Honda CBR150R Stabil

Pengisian daya Wuling Air ev di Wuling Jimbaran Pool. Dok. Wuling Pengisian daya Wuling Air ev di Wuling Jimbaran Pool.

Praktisi mobil bekas sekaligus pemilik showroom auto11 di kota Tangerang, Leovan Widjaja, mengatakan, saat ini bursa mobil listrik bekas masih antar pengguna pribadi, artinya belum menyentuh ke pedagang atau showroom.

"Mobil listrik belum dijual ke showroom, tapi saya percaya dengan adanya mobil listrik saat ini yang sudah keluar (ke depan bakal ke pedagang)," kata Leovan kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2023).

Leovan mengatakan, saat ini populasi mobil listrik masih sedikit. Paling banyak didominasi oleh Wuling Air EV kemudian Hyundai dengan dua model yaitu Kona dan Ioniq 5 yang merupakan mobil listrik pertama yang diproduksi di Tanah Air.

Baca juga: Pengguna Jalan Tol Desari Dilempari Lumpur dari JPO

Hyundai Kona Electric di JAW 2022 (Kompas.com/ Janlika putri)Janlika putri Hyundai Kona Electric di JAW 2022 (Kompas.com/ Janlika putri)

"Lebih dominan saat ini Wuling, Hyundai terbatas barangnya belum ada Kona sama Ioniq 5," kata Leovan.

Saat Kompas.com berselancar di dunia maya melihat bursa jual beli online, terlihat ada beberapa Wuling Air EV yang ditawarkan. Namun, semuanya ialah mobil baru alias jualan diler.

Kemudian untuk Hyundai Kona, benar kata Leovan penjualnya ialah individu atau pemilik dan bukan jualan showroom mobil bekas. Adapun untuk Ioniq 5 semuanya mobil baru jualan diler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com