Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2022, 19:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir membuka kelas baru di segmen sepeda motor adventure entry level, Honda CB150X bisa menjadi salah satu alternatif bagi para pemula yang gemar touring.

Apalagi dengan harga yang cukup terjangkau, konsumen sudah bisa memiliki motor adventure 150 cc dengan tampilan yang bisa dibilang siap saji. Tinggal ditambahkan beberapa komponen untuk melengkapi kebutuhan berpetualang.

Beberapa waktu lalu, redaksi kembali mencoba mengendarai saudara dari CB150R ini untuk rute harian di dalam kota. Hasilnya memang tak terlalu mengecewakan.

Dengan dimensin panjang 2.031 mm, lebar 796 mm, dan tinggi 1.308 mm, CB150X masih mampu memberikan manuver yang lincah di dalam kota.

Baca juga: Hitung Seberapa Irit BBM Suzuki Avenis 125, Dalam dan Luar Kota

Bagi sebagian orang, dengan tinggi tempat duduk yang mencapai 817 mm tentu akan menjadi masalah sendiri, terutama ketika kondisi macet atau lampu merah.

Honda CB150XKOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda CB150X

Namun tidak bagi tinggi badan 175 cm, masih sangat nyaman meski kedua kaki tetap tak bisa menampak dengan sempurna, alias masih sedikit jinjit.

Tingginya posisi duduk pengendara juga imbas ground clearence yang jenjang, yakni 181 mm. Hal ini sudah jadi ciri khas motor adventure, sehingga ketika melewati jalan rusak tak menjadi masalah berarti.

Menariknya, secara keseluruhan posisi berkendara CB150X masih terasa nyaman. Meski punya setang fatbar yang tinggi dan lebar, namun tak membuat tangan cepat terasa pegal atau lelah saat berkendara .

Hanya saja, memang cukup perlu hati-hati ketika ingin "selap-selip" di kemacetan. Dengan posisi setang yang lebar, sedikit menyulitkan pengendara bermanuver di ruang yang minim.

Baca juga: Ulik Fitur Motor Retro Modern Royal Enfield Hunter 350

Bicara soal performa, tenaga putaran bawah cukup agresif yang membuat CB150X responsif ketika dihadapi kondisi stop n go. Tuas kopling yang ringan juga membuat tangan tak mudah pegal.

Honda CB150XKOMPAS.com/STANLY RAVEL Honda CB150X

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.