Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Seberapa Irit BBM Suzuki Avenis 125, Dalam dan Luar Kota

Kompas.com - 28/12/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki resmi meluncurkan Suzuki Avenis 125, akhir Oktober 2022. Skutik yang meluncur tanpa seremonial khusus tersebut akan jadi senjata baru Suzuki untuk menggedor skutik kelas 125cc.

Kompas.com sudah membahas soal desain, fitur dan rasa berkendara, maka kali ini menguji konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar merupakan salah satu hal penting karena berhubungan dengan biaya harian.

Baca juga: Malaysia Ingin Amandemen UU, Balap Liar Bisa Didenda Rp 35 Juta

Metode yang dipakai ialah Full to Full (FTF) karena cukup sederhana untuk digunakan. Cara menghitungnya yaitu jarak tempuh dibagi dengan konsumsi BBM selama perjalanan.

Usai meluncur pada akhir Oktober 2022, Kompas.com mendapat kesempatan untuk menjajal Suzuki Avenis 125 selama satu pekanKOMPAS.com/Gilang Usai meluncur pada akhir Oktober 2022, Kompas.com mendapat kesempatan untuk menjajal Suzuki Avenis 125 selama satu pekan

Metode FTF memang belum tentu menghasilkan angka yang tepat, namun merupakan salah satu yang menggambarkan penggunaan sehari-hari. Jika ingin lebih tepat harus melakukan uji yang lebih komperhensif.

Dalam tes kali ini Kompas.com, menggunakan BBM jenis Pertamax dengan RON 92. Bensin warna biru itu dipilih karena menyesuaikan pengisian saat peminjaman. Adapun kompresi mesin Avenis 125 yaitu 10.3:1.

Kompas.com melakukan dua tes yaitu konsumsi dalam kota dan luar kota. Selama pengetesan, Kompas.com tidak mencari tingkat konsumsi BBM terendah. Buka tutup gas menyesuaikan kondisi jalan. Rider Kompas.com memiliki postur 168 Cm dengan berat 76 Kg.

Baca juga: Belasan Motor Listrik Meluncur Tahun Ini

Test ride Suzuki Avenis 125.KOMPAS.com/Gilang Test ride Suzuki Avenis 125.

Untuk tes konsumsi dalam kota, jarak tempuh mencapai 166 Km dengan jumlah BBM 3,27 liter. Artinya konsumsi BBM untuk dalam kota mencapai 50,7 Km per liter, lebih besar dari rata-rata BBM yang ada di motor dengan AVG 49,3 Km per liter.

Adapun untuk konsumsi luar kota dari Jakarta-Jonggol, Bogor, dengan jalur mayoritas turunan dan tanjakan curam serta kombinasi jalan beragam mulai dari aspal mulus, aspal kasar dan berlubang, serta sedikit jalan beton.

Total kompas.com mencatat jarak tempuh 156 Km dan menghabiskan bensin 3.09 liter. Artinya konsumsi BBM luar kota yaitu 50,4 Km per liter. Sama persis dengan rata-rata BBM yang ada di motor dengan AVG 50,4 Km per liter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.