Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Motor Custom 2023, Semakin Ramai Motor Listrik

Kompas.com - 27/12/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren motor custom terus berkembang. Meski demikian ada beberapa gaya atau model yang bakal tetap digemari dan tidak ditinggalkan, salah satunya yaitu chopper.

Lulut Wahyudi, builer dari Retro Classic Cycle, Yogyakarta, mengatakan, tahun depan prediksinya chopper tetap naik daun dan belum akan meredup.

Baca juga: Tercatat 3,9 Juta Penumpang Angkutan Umum Selama Natal

"Saya pikir ke depan ke depan chopper akan mendominasi, karena akan pergeseran," ucap Lulut kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Motor custom Harley-Davidson Shovelhead bergaya chopper garapan Ndra KingDok. Kustomfest Motor custom Harley-Davidson Shovelhead bergaya chopper garapan Ndra King

Penggagas acara custom terbesar di Indonesia, Kustomfest, tersebut mengatakan, selain chopper hal baru di dunia custom ialah modifikasi motor listrik. Era motor listrik diakui atau tidak, sudah masuk ke ranah custom.

Lulut mengatakan, saat ini mulai banyak orang memodifikasi tampilan motor listrik agar berbeda. Lulut pun melakukan hal serupa dengan menghadikan motor listrik custom sebagai lucky draw Kustumfest 2022.

Baca juga: Alex Marquez Ungkap Kakaknya Kesal dengan Kondisi di Honda

"Lucky draw chopper itu memacu teman-teman yang tertarik motor listrik, ternyata keren chopper listrik. Bukan tidak mungkin lahir tren motor listrik custom. Ini hal yang tidak bisa ditebak," kata Lulut.

Chopper Electric Bike Garapan Lulut ?LT? Wahyudi, owner sekaligus builder Retro Classic Cycles (RCC). Dok. Kustomfest Chopper Electric Bike Garapan Lulut ?LT? Wahyudi, owner sekaligus builder Retro Classic Cycles (RCC).

"Saat ini memang belum booming, dalam arti sebesar mesin pembakaran biasa (bensin). Tapi kita tidak pernah tahu tahun depan, karena ada pemain yang mereka bikin chopper atau motor listrik dibikin keren juga," kata dia.

"Kita seperti melempar bola. Harapan saya muncul genre custom yang basic EV, atau pemain EV mengkustom kendaraannya. Mungkin dengan adanya kemarin bisa memacu yang lain," kata Lulut.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik di Jalan Menanjak

Enggal Purnama, dari Enggal Modified, Banyuwangi mengatakan, tahun depan geliat motor custom bakal lebih seru karena pasar semakin luas dan mulai mengerti kenikmatan berkendara dengan motor yang beda atau unik.

Motor otoped karya Enggal Purnama, dari Enggal Modified, Banyuwangi.Foto: Enggal Motor otoped karya Enggal Purnama, dari Enggal Modified, Banyuwangi.

"Customer lebih minat bermain di motor-motor unik yang benar-benar tampil beda, mulai mesin motor sampai dan sekarang merambah di electric bike custom," kata Enggal.

Enggal melanjutkan, berbagai opsi modifikasi mulai otoped matik atau manual juga mulai marak di kalangan pecinta motor custom. Segmentasi penggemar juga melebar, bukan cuma kalangan anak muda tetapi para pria paruh baya. 

"Motor itu dipakai untuk keperluan santai jalan sore atau sekadar nongkrong di warung kopi. Mungkin karena di kota besar sudah mulai macet pakai mobil kali ya, jadi main motor sekalian untuk hiburan dan lebih efisien," ucap Enggal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.