Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Skema Contraflow Arus Mudik Nataru di Jalan Tol

Kompas.com - 23/12/2022, 15:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal 2022 dan tahun baru 2023, Korlantas Polri memberikan imbauan terkait kelancaran dan keselamatan dalam berlalu lintas.

Seperti diketahui, puncak arus mudik saat Natal diprediksi terjadi pada 23-24 Desember 2022, sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada 25-26 Desember 2022.

Maka dari itu, Korlantas Polri mulai melakukan antisipasi terkait kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi pada rentang waktu tersebut.

Baca juga: Menutup Kap Mesin Mobil yang Benar, Dibanting atau Ditekan?

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, rest area menjadi salah satu titik trouble spot. Untuk itu, pihaknya sudah mengantisipasi dan melakukan upaya-upaya koordinasi dengan pengelola untuk mengatur keluar masuk kendaraan ke rest area.

Antrean di Rest Area KM 57 Tol Japek, Kamis (28/4/2022).Kompas.com/Suhaiela Bahfein Antrean di Rest Area KM 57 Tol Japek, Kamis (28/4/2022).

“Seperti di rest area 102 Cipali, begitu masuk ada restoran, akibatnya kendaraan menumpuk di pintu masuk kedepan kita ubah masuk ke dalam. Kita juga lakukan buka tutup ketika kapasitas penuh, kita arahkan rest area selanjutnya atau rest area di jalur arteri atau di luar tol,” ucap Aan, dikutip dari NTMC Polri, Jumat (23/12/2022).

Terkait kebijakan contraflow dan one way, tambahnya, Korlantas Polri memiliki indikator untuk menerapkannya. Jika kendaraan melebihi 2.500 dalam 1 jam di jalur tol, maka akan diberlakukan contraflow 1 lajur, sedangkan bila melebihi 6.000 kendaraan diterapkan 2 lajur.

Aan juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke arah Merak, sebaiknya dilakukan di siang hari untuk menghindari kemacetan.

“Kami imbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke arah Merak laksanakan perjalanan siang karena lebih menumpuk pada malam hari. Kita jamin juga keamanan dan keselamatannya di Lampung bersama Polda Lampung,” kata dia.

Aan juga meminta pelaku perjalanan untuk terus waspada terkait adanya bencana tanah longsor dan banjir, mengingat musim hujan masih berlangsung hingga saat ini.

Baca juga: Innova Zenix Hybrid Rp 600 Juta Lebih, Dapat Apa?

“Saat ini masih musim hujan, kemungkinan bencana tanah longsor banjir ada. Siapkan juga kondisi kesehatan, kalau sakit jangan dipaksakan. Siapkan BBM dan tidak kalah penting e-toll karena bisa menghambat di pintu keluar,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.