Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Garuda Mas Tambah 2 Bus Baru, Single Glass yang Elegan

Kompas.com - 19/12/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) berbagai PO mengambil unit baru dari karoseri. Misal seperti yang dilakukan PO Garuda Mas yang mengambil dua bus dari Adiputro.

Kedua bus baru tersebut menggunakan bodi Jetbus 3+ Super High Decker (SHD) single glass. Agar semakin nyaman, bodi tersebut ditopang dengan sasis Hino RM 280 yang memakai suspensi udara.

Untuk bagian eksterior, bodi Jetbus SHD yang punya tinggi sekitar 3,85 meter ini dibalut dengan warna hijau tosca khas PO Garuda Mas. Sentuhn warna putih di bagian spion dan dop pelek juga memberi kesan elegan.

Baca juga: Detail Ubahan Bodi Bus All New Discovery Buatan Karoseri Laksana

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

Belum lagi kaca depan yang tunggal atau single glass, membuat penumpang semakin nyaman melihat ke arah depan. Walau di bagian samping masih ada selendang Voyager yang ukurannya cukup besar.

Untuk bagian samping, ada livery dengan gambar burung garuda khas PO Garuda Mas. Jadi bisa dibilang semua rilisan bus baik dari Adiputro atau karoseri lain, punya tampilan yang seragam.

Beralih ke bagian interior, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, pada bagian kabin sudah dilengkapi dengan sekat depan dan toilet di belakang.

Baca juga: Penjualan MPV Murah Anjlok, Avanza-Veloz Teratas

"Bangku non leg rest disusun dua kanan dua kiri dan ada TV LED tiga buah," ucap Yohan kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022).

Bicara soal sekat, buatan Adiputro ini bisa dibilang paling membuat penumpang nyaman. Pertama kabin jadi lebih senyap, lalu pandangan ke depan tetap lega karena menggunakan kaca yang besar ukurannya.

Kemudian, dengan adanya sekat di depan, maka ruang kru atau pengemudi bisa dijadikan sebagai smoking area. Jadi penumpang bisa merokok di kabin depan, tanpa mengganggu orang lain yang beristirahat di belakang.

Soal sasis, Hino RM 280 mulai banyak diminati. Selain menggunakan suspensi udara, model sasisnya juga memakai space frame, jadi bagasi bisa dibuat tembus dan bisa menyimpan banyak barang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.