Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi BMW M4 GT3, Mobil Balap Valentino Rossi di Dubai 24 Hours

Kompas.com - 18/12/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Legenda balap MotoGP, yang kini bergabung di W Racing Team (WRT), Valentino Rossi, bakal menggeber BMW M4 GT3.

Paling dekat, The Doctor bersama Sean Gelael asal Indonesia, akan mengikuti ajang balap ketahanan Dubai 24 Hours 2023 pada 13-15 Januari 2023 mendatang.

Sean Gelael dan Valentino Rossi akan bergabung dengan Maxime Martin dan Tim Whale serta pebalap kelima yang namanya menyusul, untuk mengendarai BMW M4 GT3 nomor 46 di Dubai 24 Hours.

Baca juga: Besok, Jasa Marga Operasikan Gerbang Tol Cimanggis Baru

BMW M4 GT3W Racing Team BMW M4 GT3

Melihat mobil yang bakal jadi tunggangan Rossi tampak menarik, karena nuansa warna kuning stabilo yang identik dengan Rossi masih lekat pada BMW M4 GT3.

Di mana tampilan eksterior didominasi dengan warna kuning dan biru, dengan tambahan aksen hitam di bagian kap mesin, atap dan juga bagian buritan.

Tak ketinggalan, nama sponsor mobil seperti Skechers, Fanatec dan Mooney juga turut mengambil andil di bodi mobil. Lengkap dengan nomor 46 yang kerap menjadi identitas pebalap asal Italia.

Baca juga: Bisa Meledak, Jangan Asal Lepas Pasang Kutub Aki

BMW M4 GT3W Racing Team BMW M4 GT3

Tampilan sporty pada BMW M4 GT3 ini makin kentara berkat berbagai komponen aerodinamika yang sudah ada dari pabriknya.

Mulai dari bumpernya, side skirt-nya, over fender hingga spoiler belakang yang nampak cukup besar dan radikal.

Disitat dari laman BMW USA (18/12/2022), BMW M4 GT3 ini adalah versi pengembangan dari BMW M4 standar, dengan dibekali mesin P58 enam silinder segaris 3.000 cc dengan M TwinPower Turbo enam percepatan.

Baca juga: Mau Bikin SIM, Jangan Pakai Baju Warna Ini

Di atas kertas, tenaga maksimal yang dihasilkan mesin ini mencapai 590 Tk dan torsi mencapai 699,6 Nm. Meski tenaganya agresif, titik pengembangan utama BMW M pada mobil ini sebenarnya adalah masalah pengendalian.

BMW M mengklaim bahwa mobil ini cukup mudah dikendalikan bahkan buat pemula sekalipun, dengan beberapa teknologi yang dipasang.

Di antaranya kopling elektro hidraulis yang dioperasikan dengan paddle di setir yang memakai teknologi terbaru BMW, mendukung start otomatis termasuk anti-stall yang menghalangi mesin mati saat melepas kopling.

Transmisinya juga menggunakan Xtrac transaxle enam percepatan yang diambil dari BMW M8 GTE. Begitu juga dengan sistem asistennya yang lebih baru dengan adanya traction control dan juga braking assisted dengan software terbarunya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.