Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PO Garuda Mas Tambah 2 Bus Baru, Single Glass yang Elegan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) berbagai PO mengambil unit baru dari karoseri. Misal seperti yang dilakukan PO Garuda Mas yang mengambil dua bus dari Adiputro.

Kedua bus baru tersebut menggunakan bodi Jetbus 3+ Super High Decker (SHD) single glass. Agar semakin nyaman, bodi tersebut ditopang dengan sasis Hino RM 280 yang memakai suspensi udara.

Untuk bagian eksterior, bodi Jetbus SHD yang punya tinggi sekitar 3,85 meter ini dibalut dengan warna hijau tosca khas PO Garuda Mas. Sentuhn warna putih di bagian spion dan dop pelek juga memberi kesan elegan.

Belum lagi kaca depan yang tunggal atau single glass, membuat penumpang semakin nyaman melihat ke arah depan. Walau di bagian samping masih ada selendang Voyager yang ukurannya cukup besar.

Untuk bagian samping, ada livery dengan gambar burung garuda khas PO Garuda Mas. Jadi bisa dibilang semua rilisan bus baik dari Adiputro atau karoseri lain, punya tampilan yang seragam.

Beralih ke bagian interior, Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, pada bagian kabin sudah dilengkapi dengan sekat depan dan toilet di belakang.

"Bangku non leg rest disusun dua kanan dua kiri dan ada TV LED tiga buah," ucap Yohan kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022).

Bicara soal sekat, buatan Adiputro ini bisa dibilang paling membuat penumpang nyaman. Pertama kabin jadi lebih senyap, lalu pandangan ke depan tetap lega karena menggunakan kaca yang besar ukurannya.

Kemudian, dengan adanya sekat di depan, maka ruang kru atau pengemudi bisa dijadikan sebagai smoking area. Jadi penumpang bisa merokok di kabin depan, tanpa mengganggu orang lain yang beristirahat di belakang.

Soal sasis, Hino RM 280 mulai banyak diminati. Selain menggunakan suspensi udara, model sasisnya juga memakai space frame, jadi bagasi bisa dibuat tembus dan bisa menyimpan banyak barang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/19/120200015/po-garuda-mas-tambah-2-bus-baru-single-glass-yang-elegan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke