Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bedanya Transmisi Matik CVT dan AT

Kompas.com - 13/12/2022, 10:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Selain mudah, banyak orang memilih mobil transmisi matik lantaran harganya yang makin terjangkau.

Meskipun demikian, banyak yang belum paham perbedaan spesifik model-model transmisi matik yang beredar di pasaran. 

Seperti diketahui, umumnya transmisi matik yang beredar di psara ada dua, yakni automatic transmission (AT) dan continuously variable transmission (CVT).

Walau pengoperasiannya tanpa pedal kopling alias otomatis, namun antara AT dan CVT memiliki cara kerja yang berbeda.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Tenaga dan Torsi Mesin

Transmisi matik model AT, sistem operasi dan spesifikasi teknis yang dimiliki terbilang konvensional. Banyak pabrikan sekarang yang meninggalkan transmisi tersebut. 

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

Perpindahan gigi transmisi matik juga masih kasar karena rasio jarak antar gigi yang terlalu renggang. 

"Kurang halus saat perpindahan gigi. Jumlah gigi yang dimiliki juga terbatas biasanya maksimal 4. Spesifikasi beda, teknologi ini sudah dipakai mobil-mobil generasi 2.000 an - 2015. Tapi, enaknya akselerasi mesin lebih terasa, responsif," kata Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022). 

Karena respon transmisi begitu cepat menerima torsi dan tenaga yang disalurkan mesin, banyak pemilik mobil yang menganggap engine brake pada transmisi AT lebih baik. 

Berlaku pula untuk perawatan rutin, ketika jadwal pergantian oli matik, model AT konvensional sering dinilai rumit. Oli secara berkala dilakukan flushing untuk membersihkan kotoran dan lumpur di dalam bak carter transmisi. 

"Karakternya beda jauh, saat dipindahkan mode manual, hentakan perpindahan gigi dan respon mesin terasa. Tapi, perawatannya banyak dibilang rumit, butuh flushing oli matik yang dianggap mahal," ucapnya. 

Baca juga: Penyebab CVT Skutik Overheat Saat Dipaksa Nanjak

Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik DaihatsuKompas.com/Donny Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik Daihatsu

Kebanyakan mobil baru saat ini sudah beralih menggunakan transmisi matik CVT. Paling Baru Toyota Kijang Innova Zenix.  

Dari sistem operasional, komponen mekanikal hingga perawatan dibuat semacam penyempurnaan dari generasi-generasi sebelumnya. Transmisi CVT diklaim nyaman karena perpindahan gigi matik yang benar-benar halus. 

Seperti disampaikan Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto. 

"Matik CVT perpindahan giginya lembut dan tidak terasa ada hentakan. Memang benar-benar disesuaikan kebutuhan mesin modern yang bertenaga dan irit bahan bakar," kata Teguh. 

Baca juga: Mana yang Terbaik, Transmisi Matik Model AT, CVT, atau DCT?

Perawatan transmisi matik CVT juga dibuat mudah. Untuk pergantian oli sudah tak membutuhkan flushing, prosesnya mirip seperti ganti oli mesin biasa. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com