Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Motor Listrik Alva One Mini Touring Bogor-Jaksel

Kompas.com - 13/12/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Alva One hadir dengan keunggulan bodi besar ala maxi scooter. Tak cuma tampilan bongsor, skuter listrik ini juga dibekali baterai yang cukup mumpuni buat beraktivitas.

Jika sebelumnya Kompas.com membahas tampilan, fitur dan rasa berkendara, maka kali ini akan fokus pada konsumsi baterai. Sebab kapasitas baterai merupakan hal yang paling disorot dari motor listrik.

Alva One mengusung baterai lithium dengan kapasitas 60 V 45 A (2,7 kWh). Baterai tersebut memiliki bobot 18 Kg dan punya fitur proteksi berupa layar IP65, yang aman dari debu dan semprotan air.

Baca juga: Suzuki Carry Jadi Andalan di Lokasi Bencana

Motor listrik Alva One di Alva Experience Center, Jakarta

Janlika Putri/ Kompas.com Motor listrik Alva One di Alva Experience Center, Jakarta

Baterai motor ini diklaim dapat digunakan untuk jarak tempuh 70 Km sekali isi dalam kondisi penuh. Pengisian baterai juga dapat dilakukan secara langsung dari motor atau dengan melepas baterai.

Tesnya ialah memakai Alva One untuk kegiatan sehari-hari dari Citayam, Bogor ke wilayah Jakarta Selatan bolak-balik. Rute yang dilalui ialah Sawangan, Limo, Cinere, Fatmawati, dan sekitarnya.

Saat berkendara, Kompas.com memakai mode eco atau mode 1, di mana sebelumnya mampu tembus kecepatan 45 Kpj dan 47 Kpj di jalan landai.

Baca juga: Hubungan Membaik, Lorenzo Berharap Bisa Balapan Lawan Rossi Lagi

Gaya berkendara diatur agar dapat konsumsi maksimal seperti mengurut gas, berjalan di sebelah kiri dan tidak memainkan gas dan rem dengan kasar. Adapun rider Kompas.com memiliki postur 168 cm berat 76 kg.

Alva OneKOMPAS.com/Gilang Alva One

Saat dipakai bolak-balik untuk liputan, total jarak yang ditempuh ialah 41 Km dan dengan sisa baterai masih 58 persen. Artinya jika pakai hitungan kasar satu baterai bisa tembus sekitar 80 Km lebih sedikit.

Hasil tes tersebut cukup mengejutkan karena lebih irit dari klaim Alva di mana satu baterai isi penuh dapat dipakai berjalan 70 Km.

Setelah itu pengujian dilakukan dengan memilih mode 2 untuk kegiatan harian yang bisa tembus kecepatan 70 Kpj. Tapi tesnya tidak memakai jarak tempuh bolak-balik lagi hanya melihat kondisi baterai dari penuh.

Baca juga: Adu Spesifikasi Toyota Hilux GR Sport vs Mitsubishi Triton Ultimate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.