Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Bedanya Tenaga dan Torsi Mesin

Kompas.com - 13/12/2022, 08:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Sering kali saat sedang melihat data spesifikasi mesin kendaraan menemui istilah tenaga dan torsi. Meski sangat familir, namun keduanya punya pengertian yang berbeda. 

Instruktur Training Center Nasmoco Bejo Agung Nugroho menjelaskan, torsi dan tenaga merupakan dua istilah yang berbeda meski arahnya sama-sama ke urusan performa. 

Lebih memudahkan mengetahui perbedaan antara kedua istilah tersebut, Bejo merinci, torsi identik sebagai dorongan putaran mesin yang menghasilkan respon dalam mengangkut beban berat. 

Sementara untuk tenaga, digunakan sebagai motor gerak saat kendaraan membutuhkan kecepatan tinggi atau akselerasi. 

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Masih Ada SUV Murah di Bawah Rp 250 Juta

"Jika mau membedakan mudah, tenaga itu kecepatan kendaraan saat melaju, biasanya seperti di jalan tol. Perhitungannya menggunakan speedometer," ucap Bejo kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Indikator suhu mesinKompas.com/Erwin Setiawan Indikator suhu mesin

"Kalau torsi itu kekuatan membawa beban berat, seperti muatan full atau seberapa besar mesin kuat melewati tanjakan curam. Satuan ukurnya memakai torsi maksimum. Dilihat dari jarum tachometer, angka yang bergerak sesuai putaran mesin (rpm) disamping speedometer," lanjutnya. 

Lebih lanjut tenaga dan torsi memiliki satuan dalam ilmu fisika, hal itu bisa dibedakan jika benar-benar mencermati detail spesifikasi merk mobil tertentu, seperti berikut:

Torsi memiliki satuan Newton (Nm) atau Kgm. Rasio torsi tertulis pada spesifikasi mesin biasanya lebih besar dibandingkan tenaga.

Perlu diketahui, desain rancangan mesin dibuat memiliki torsi yang besar untuk memberikan energi yang super sesuai kebutuhan dan disesuaikan tipe mobil tersebut. 

Baca juga: Adu Spesifikasi Kijang Innova Zenix Vs Wuling Almaz Hybrid

Misalnya, pada mobil sport utility vehicle (SUV), tentu dibuat jauh lebih kuat ketimbang sedan karena medan jalan yang dilalui. 

Test drive All New Isuzu mu-XKompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.