Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Performa MINI Electric dan Konsumsi Dayanya

Kompas.com - 13/12/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik MINI Electric hadir dengan desain eksterior yang tak jauh berbeda dengan versi konvensional. Interior juga terasa hampir sama dengan MINI 3-Door.

Soal performa, MINI Electric basisnya mirip dengan MINI 3-Door yang memang kental dengan aura sporty. Motor listriknya memiliki daya 135 kW dengan torsi 270 Nm.

Baca juga: Bahas Interior Sporty MINI Electric dan Kelapangan Kabinnya

MINI mengklaim kemampuan akselerasi mobil listriknya untuk 0-100 Kilometer per jam (Kpj) dapat ditempuh dalam 7,3 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, tembus 150 Kpj.

MINI ElectricKompas.com/Donny MINI Electric

MINI Electric memiliki empat mode berkendara, yakni Sport, Mid, Green, dan Green+. Dengan mode Sport, potensi tenaga yang dimiliki motor listriknya bisa dikeluarkan secara maksimal.

Tak heran jika MINI mengklaim kemampuan akselerasi mobil listriknya sangat cepat. Kemampuan tersebut juga didukung dengan tinggi MINI Electric yang cukup rendah. Sehingga, pusat gravitasinya juga rendah. Hal ini membantu untuk menjaga laju mobil tetap stabil saat kecepatan tinggi.

Baca juga: Enggak Melulu Futuristik, Desain Mini Electric Tetap Klasik

Didukung juga dengan suspensi yang sebenarnya cukup kaku. Untuk perjalanan jauh, mungkin kurang nyaman. Tapi, untuk jarak pendek atau kecepatan tinggi, suspensinya cukup mendukung.

Mesin MINI ElectricKompas.com/Donny Mesin MINI Electric

Sementara untuk konsumsi dayanya, tim Kompas.com sudah mengujinya dengan jarak minimal 60 Km. Pengetesan dilakukan di daerah selatan Jakarta pada sore hari atau jam pulang kantor.

Dengan kecepatan rata-rata 16,8 Kpj, rata-rata daya yang dihabiskan adalah 7,3 Km/kWh. Kapasitas baterai yang digunakan sekitar 30 persen.

MINI ElectricKompas.com/Donny MINI Electric

Mode berkendara yang digunakan adalah Green, karena dinilai paling cocok untuk berkendara harian di perkotaan. Mobil ini diisi oleh test driver Kompas.com dengan postur 157 cm dan berat 60 kg.

Jika rata-rata konsumsi dayanya 7,3 km/kWh, maka biaya yang dikeluarkan untuk mencapai 60 km adalah Rp 20.342. Tapi, dengan catatan harga per kWh adalah Rp 2.475, seperti harga yang berlaku pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Pertamina.

Baca juga: Kupas Desain S-Presso, Mobil Termurah Suzuki Bernuasa Mini SUV

MINI ElectricKompas.com/Donny MINI Electric

Meskipun performanya cukup bertenaga, tapi tentu konsekuensinya adalah konsumsi daya juga menjadi besar. Sementara, kapasitas baterai MINI Electric hanya 32,6 kWh yang diklaim memiliki jarak tempuh 232 Km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.