Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus dari Morodadi Prima dengan Interior Mewah Buatan Baze

Kompas.com - 09/12/2022, 18:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Bus yang dimodifikasi jadi mewah memang sedang tren saat ini. Jadi dengan interior yang nyaman, bus bisa membawa puluhan orang sekali jalan, tidak perlu bawa banyak kendaraan.

Baze, karoseri interior yang biasa menggarap kendaraan jadi super mewah menggarap satu bus buatan Morodadi Prima. Bus dengan bodi Patriot Single Glass tersebut diubah total bagian interiornya jadi super mewah.

Kim Sang, Manajer Produksi, Engineering & Desain Baze mengatakan, pemiliknya meminta konsep interior yang tidak terlalu norak dan punya nuansa yang soft. Selain itu, paling penting adalah bisa bawa keluarganya jalan-jalan.

Baca juga: Menentukan Posisi Duduk Saat Naik Bus yang Paling Nyaman

bus Mewah buatan BazeKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI bus Mewah buatan Baze

"Mau muat 20 orang, kita bikin konsep. Dia juga perlu bawa pramusaji, ditambah lagi dua bangku di belakang," ucap Kim kepada Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Secara tampilan, Baze memang bisa membuat suasana kabin sesuai keinginan customer. Warna beige menghiasi kabin, ditambah penggunaan lampu yang tidak terlalu terang atau kekuning-kuningan.

Pada bagian depan kabin, dipasang smart TV yang punya fitur karaoke untuk sisi kanan sekat ditambah empat speaker Bose. Sedangkan di kiri, dipasang magic glass yang bisa diburamkan, jadi penumpang tetap bisa melihat ke depan.

Baca juga: Banyak Maling di Bus AKAP, Ini Cara Aman Hindari Kehilangan Barang

Kabin bus Mewah buatan BazeKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus Mewah buatan Baze

Untuk bangkunya, dipasang sebanyak 20 buah model cangkang. Selain itu, kendali bangkunya sudah full electric dan bisa direbahkan ditambah adanya leg rest dan armrest.

"Dia pilih yang cangkang bisa dipakai tidur dan selonjoran tanpa ganggu penumpang di belakang. Ada meja juga dan cup holder, ditambah fitur getar atau pijat di setiap bangku," kata Kim.

Lalu, pemesan juga meminta adanya sofa bed di bagian belakang, karena kerap membawa anak kecil selama perjalanan. Jadi ketika bus berjalan, anak-anak bisa tiduran di bagian belakang.

Kabin bus Mewah buatan BazeKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus Mewah buatan Baze

Untuk bagian belakang, ada pantry yang dilengkapi dispenser dan kulkas. Selain itu dipasang juga toilet yang ukurannya cukup besar, jadi bisa dipakai untuk bersih-bersih saat kondisi darurat.

Kemudian, dipasang juga dua bangku untuk pramusaji di belakang yang cukup empuk. Pada bus yang panjang ini, dipasang juga tiga interkom yang saling terhubung antara kabin depan, tengah, dan belakang.

Hal yang tidak luput dari sentuhan custom adalah berbagai ornamen yang dibuat dengan metode CNC cutting. Bagian yang paling kami sukai ada pada plafon, di mana dibuat seperti cahaya yang memanjang, layaknya bintang jatuh.

Kabin bus Mewah buatan BazeKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus Mewah buatan Baze

Bukan cuma kabin penumpang yang mewah, bagian pengemudi juga diberikan kenyamanan. Misal, dipasang head unit sendiri yang terpisah dari penumpang, jadi tetap bisa terhibur selama perjalanan, tanpa ganggu penumpang.

Pada bagian bagasi, karena memakai sasis Mercedes Benz OH 1626, jadi memakai space frame. Pemilik pun meminta agar bagasinya bisa membawa motor atau sepeda.

Untuk harganya, karoseri interiornya saja bisa dibanderol Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar. Harga tersebut belum termasuk produksi bus dan sasis dari karoseri yang bisa Rp 1,5 miliar sampai Rp 1,9 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com