Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak menampik akan memasang teknologi elektrifikasi, yaitu hibrida pada produk kendaraan yang lebih terjangkau harganya di masa mendatang. Kabar tersebut usai menyematkan hal serupa pada Kijang Innova.

Hanya saja memang seluruhnya membutuhkan studi dan waktu supay seluruh langkah dari perseroan tepat sasaran serta sesuai tujuan.

"Kita tidak akan berhenti untuk elektrifikasi model, sampai ini yang kita punya kita akan ada model lainnya. Tapi untuk detilnya, mohon maaf belum bisa komentar, namun akan ada," kata Vice President TAM Henry Tanoto saat ditemui di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Bicara Kemungkinan Toyota Produksi Lokal Mobil Listrik

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

"(Mobil hybrid di bawah 1.800 cc) kenapa tidak, tapi nanti kalau ada beritanya kita infokan," lanjut dia.

Dalam kesempatan sama, Henry pun menanggapi isu berkembang yaitu Rush disematkan teknologi hibrida. Menurut dia, hal itu hanyalah rumor belaka karena perseroan mengaku belum memiliki rencananya.

"Kalau isu biarkanlah, yang pasti kita tidak akan berhenti untuk elektrifikasi model," ucap Henry.

Terkait produk elektrifikasi tahun depan, pihak TAM belum mau membocorkan. Tetapi siap-siap model yang dikeluarkan tidak kalah menarik dari yang sudah diperkenalkan tahun ini.

"Saya belum hitung tapi tahun depan banyaklah. Sekarang gini saja, Toyota setiap tahun bisa luncurkan 10-15 model baru, pasti banyak kan. Tidak jauh beda lah (tahun depan)," katanya lagi.

Baca juga: Selain bZ4X Toyota Bakal Luncurkan Mobil Listrik Lagi di Indonesia

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes lewat genangan air di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes lewat genangan air di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Toyota sendiri, tahun ini telah diluncurkan dua produk elektrifikasi yaitu Toyota bZ4X dan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang sekaligus merupakan mobil hybrid pertama yang diproduksi lokal oleh perseroan.

Pada debut perdananya, dikatakan bahwa Innova Zenix sudah mencapai total pemesanan 4.000 unit dengan 82 persen di antaranya merupakan varian Hybrid.

"Secara keseluruhan sejak 2009 sampai sekarang Toyota total telah memasarkan lebih dari 7.814 unit kendaraan elektrifikasi dan telah berkontribusi menekan emisi karbon hampir 8.500 ton CO2," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.