Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota bZ4X Hanya Dinikmati Konsumen Premium, Ini Kata Bos Toyota

Kompas.com - 09/12/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Toyota bZ4X merupakan suatu gebrakan menuju era elektrifikasi nasional. Sebab kendaraan listrik murni tersebut merupakan model terbaru Toyota yang sekaligus jadi mobil penggerak baterai dan motor listrik pertamanya.

Namun karena masih diimpor langsung dari Jepang alias completely built-up (CBU), mobil bergaya crossover itu memiliki harga yang cukup mahal yaitu Rp 1,19 miliar. Berbeda tipis dari Lexus UX300e yang ditujukan ke pasar premium Indonesia dengan Rp Rp 1,4 miliar.

Lantas apakah Toyota Indonesia sengaja mulai menggarap pasar kelas atas melalui produk listrik murni atau biasa dikenal Battery Electric Vehicle (BEV)?

Baca juga: Toyota Coba Jelaskan Inden bZ4X Cukup Lama

UX300e Dukung Mobilitas KTT G20 Summit--Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menggunakan Lexus UX300e menuju Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC)  tempat berlangsungnya B20 Summit,  satu forum dialog resmi yang menjadi bagian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa, Senin (14/11). Lexus UX300e bersama Toyota bZ4X disediakan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai official car partner G20 Summit untuk mendukung mobilitas para delegasi internasional dan Pemerintah Indonesia sebagai presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini.Toyota UX300e Dukung Mobilitas KTT G20 Summit--Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menggunakan Lexus UX300e menuju Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) tempat berlangsungnya B20 Summit, satu forum dialog resmi yang menjadi bagian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa, Senin (14/11). Lexus UX300e bersama Toyota bZ4X disediakan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai official car partner G20 Summit untuk mendukung mobilitas para delegasi internasional dan Pemerintah Indonesia sebagai presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini.

Menanggapi hal ini, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyatakan bahwa pemberian harga yang memang cukup tinggi terhadap bZ4X karena memang mobil dibawa langsung dari Jepang.

Namun bukan berarti mobil listrik dari Toyota akan hanya menggarap pasar premium saja. Ke depan, apabila semuanya sudah lebih mudah dan murah kendaraan elektrifikasi pasti akan semakin terjangkau.

"Tidak dong, semua ada step-by-step. Kita sering bilang kan kebutuhan masyarakat di tiap segmennya berbeda. Oleh karena itu strategi tahun ini kita luncurkan bZ4X yang memang harganya di segmen atas," kata dia saat ditemui di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

"Tapi tak sampai di sana, kita juga lengkapi dengan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang saya rasa tipe G-nya yang lebih rendah dari Hybrid kita sebelumnya, Corolla Cross Hybrid," tambah Henry.

Selanjutnya, perseroan mengaku akan terus menghadirkan mobil listrik yang makin murah (Rp 250 juta sampai Rp 300 jutaan), sehingga seluruh masyarakat bisa berkontribusi dan ikut merasakan kenikmatan menggunakan kendaraan elektrifikasi dalam kesehariannya.

Hanya saja sebelum menuju ke sana perlu adanya suatu studi yang melihat kebutuhan per-segmen. Supaya seluruh produk perseroan tepat sasaran serta terserap di pasar.

Baca juga: Toyota Optimistis Menatap Industri Otomotif Tahun Depan

Toyota Kijang Innova ZenixKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota Kijang Innova Zenix

"Kita sih selalu melihat dengan hati-hati soal kebutuhan per-segmen pasar. Kita juga bukan hanya bicara tentang teknologi elektrifikasi apa saja tetapi juga terhadap kendaraan yang memang sesuai kebutuhan masyarakat juga," kata Henry.

"Seperti kita taruh hybrid di Innova Zenix, karena kendaraan tersebut cukup terbukti yang dibutuhkan masyarakat kita. Harapannya, semakin banyak pengguna-pengguna yang pakai itu," lanjut dia lagi.

"Jadi kalau ditanya kalau elektrifikasi yang affordable jadi arahnya ke sana. Cuma kita lihat kebutuhan masyarakat seperti apa," ucap Henry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.