Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 14:41 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Jelang libur Natal dan Tahun Baru alias Nataru 2022, Satlantas Polresta Bogor Kota telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di sejumlah ruas jalan.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria mengatakan, kemungkinan pihaknya akan menerapkan ganjil genap (Gage) saat Nataru, khususnya di dua exit tol di Kota Bogor.

“Pertama, exit Tol Bogor dan exit Tol BORR,” ujar Galih, disitat dari NTMC Polri (9/12/2022).

Baca juga: SPK Toyota Kijang Innova Zenix 4.000 Unit, Dominan Varian Hybrid

Petugas kepolisian sedang berjaga di titik check point Pos Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/1/2021). Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor menerapkan ganjil genap berdasarkan pelat nomor kendaraan di akhir pekan ini untuk mengantisipasi penyebaran varian Omicron.Dok. Polres Metro Bogor Kota Petugas kepolisian sedang berjaga di titik check point Pos Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/1/2021). Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor menerapkan ganjil genap berdasarkan pelat nomor kendaraan di akhir pekan ini untuk mengantisipasi penyebaran varian Omicron.

Adapun untuk rekayasa lalu lintas, Galih mengatakan, saat ini arus kendaraan yang masuk ke Kota Bogor belum ada lonjakan alias masih normal.

Di mana, anggota-anggota lalu lintas yang bertugas sifatnya hanya memperlancar dari pada keluar masuknya kendaraan ke tempat wisata.

Saat disinggung rencana skenario pengaturan arus lalu lintas di Kota Bogor ketika Nataru 2022, Galih mengaku akan melakukan skala prioritas terlebih dahulu melihat situasi kepadataan saat itu.

Baca juga: Mobil Listrik Mercedes-Benz Meluncur, Harga Mulai Rp 2 Miliaran

“Kita juga melihat perkembangan dari Covid-19 saat ini yang mulai hadir lagi (ramai). Sehingga kita nanti antisipasi pas saat weekend,” ucap Galih.

Sementara itu, untuk mengurai kepadatan kendaraan pada saat Nataru, Sat Lantas Polresta Bogor akan memfokuskan pada lokasi-lokasi tempat wisata khususnya Kebun Raya Bogor (KRB).

“Seperti yang diketahui, KRB menjadi salah satu tujuan dari pada kegiatan Nataru,” tutur Galih.

Baca juga: Honda Forza 250 Terbaru Siap Meluncur, Dijual Rp 79 Jutaan

Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).

Menurutnya, pihaknya akan lebih fokus untuk mengatur sejumlah ruas jalan di Kota Bogor yang berpotensi mengalami lonjakan karena menjadi tujuan wisata.

“Karena tahun kemarin ada lonjakan 20.000 pengunjung. Sehingga kita bakal antisipasi orang yang datang berwisata di KRB nanti,” kata Galih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.