Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Suara Kasar dari Ruang Mesin Mobil, Cek Beberapa Komponen Ini

Kompas.com - 08/12/2022, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan usia dan juga masa pakai mobil, biasanya pemilik akan dikagetkan dengan munculnya suara-suara kasar yang mengganggu dari sektor mesin.

Hal tersebut bisa saja menjadi hal yang umum terjadi, apalagi bila mobil ternyata kurang mendapat perawatan yang baik. Contohnya seperti tak melakukan servis berkala.

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, suara kasar yang muncul dari balik kap mesin bisa berasal dari beragam komponen dan ada banyak faktor juga yang menyebabkan hal tersebut.

Baca juga: Ingat, Bukan Hanya Oli Mesin Mobil yang Harus Diganti Rutin

"Contoh untuk oli mesin yang berkurang, otomatis membuat suara juga menjadi lebih kasar. Hal ini tergolong fatal karena bisa merusak, karena itu sangat penting untuk melakukan pergantian secara berkala agar terkontrol dengan baik," ujar Suparna kepada KOMPAS.com, Minggu (4/12/2022).

Menurut Suparna, munculnya suara kasar dari mesin memang tak bisa diprediksi secara pasti, dan harus dilakukan pengecekan. Namun demikian, untuk beberapa kasus suara kasar juga bisa terjadi karena adanya keausan beberapa komponen.

Ilustrasi pengecekan mesin Auto2000 Ilustrasi pengecekan mesin

Beberapa waktu lalu, Auto2000 juga memberikan tips soal sumber suara kasar yang biasanya muncul dari komponen di ruang mesin.

Hal ini bisa menjadi referensi bagi pemilik mobil untuk melakukan pengecekan awal, yakni :

- Kompresor AC Mobil

Kompresor AC bisa menjadi salah satu penyebab munculnya suara kasar dari ruang mesin yang cukup mengganggu. Komponen yang berguna sebagai pendingin kabin ini bisa menimbulkan suara berisik dan kasar apalagi bila olinya sudah mulai habis.

Baca juga: Rahasia Auto2000 Perbaiki Cat Bodi Mobil Tanpa Belang

Dengan demikian, untuk mencegat munculnya suara kasar, wajib bagi pemilik untuk memastikan oli kompresor AC tidak sampai kering. Bila tidak akan membuat komponen tersebut jebol.

- Oli Mesin

Seperti diungkapkan Suparna, oli mesin yang kurang membuat komponen-komponen di dalam mesin tidak mendapatkan pelumasan yang optimal.

Oli mesin Fastron untuk dieselErwin Setiawan Oli mesin Fastron untuk diesel

 

Dalam jangka panjang sangat merugikan, seperti risiko turun mesin akibat komponen mesin yang saling bergesekan semakin cepat aus dan macet sehingga menimbulkan kebisingan.

- Sabuk Pemutar

Beberapa komponen yang ada di balik kap mobil menggunakan tenaga mesin untuk bekerja, seperti kompresor AC dan alternator, melalui sabuk pemutar untuk memindahkan tenaga mesin ke komponen tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com