Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Suara Kasar dari Ruang Mesin Mobil, Cek Beberapa Komponen Ini

Kompas.com - 08/12/2022, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan usia dan juga masa pakai mobil, biasanya pemilik akan dikagetkan dengan munculnya suara-suara kasar yang mengganggu dari sektor mesin.

Hal tersebut bisa saja menjadi hal yang umum terjadi, apalagi bila mobil ternyata kurang mendapat perawatan yang baik. Contohnya seperti tak melakukan servis berkala.

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, suara kasar yang muncul dari balik kap mesin bisa berasal dari beragam komponen dan ada banyak faktor juga yang menyebabkan hal tersebut.

Baca juga: Ingat, Bukan Hanya Oli Mesin Mobil yang Harus Diganti Rutin

"Contoh untuk oli mesin yang berkurang, otomatis membuat suara juga menjadi lebih kasar. Hal ini tergolong fatal karena bisa merusak, karena itu sangat penting untuk melakukan pergantian secara berkala agar terkontrol dengan baik," ujar Suparna kepada KOMPAS.com, Minggu (4/12/2022).

Menurut Suparna, munculnya suara kasar dari mesin memang tak bisa diprediksi secara pasti, dan harus dilakukan pengecekan. Namun demikian, untuk beberapa kasus suara kasar juga bisa terjadi karena adanya keausan beberapa komponen.

Ilustrasi pengecekan mesin Auto2000 Ilustrasi pengecekan mesin

Beberapa waktu lalu, Auto2000 juga memberikan tips soal sumber suara kasar yang biasanya muncul dari komponen di ruang mesin.

Hal ini bisa menjadi referensi bagi pemilik mobil untuk melakukan pengecekan awal, yakni :

- Kompresor AC Mobil

Kompresor AC bisa menjadi salah satu penyebab munculnya suara kasar dari ruang mesin yang cukup mengganggu. Komponen yang berguna sebagai pendingin kabin ini bisa menimbulkan suara berisik dan kasar apalagi bila olinya sudah mulai habis.

Baca juga: Rahasia Auto2000 Perbaiki Cat Bodi Mobil Tanpa Belang

Dengan demikian, untuk mencegat munculnya suara kasar, wajib bagi pemilik untuk memastikan oli kompresor AC tidak sampai kering. Bila tidak akan membuat komponen tersebut jebol.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.