Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan berkala menjadi ritual yang wajib dilakukan setiap pemilik mobil. Hal ini tak hanya untuk sekadar menjaga performa mesin, tetapi juga bisa memperpanjang usia pakai dari beragam komponen lain.

Salah satu yang tak kalah penting adalah soal kewajiban mengganti pelumas. Banyak pemilik mobil awan yang hanya menyadari bahwa oli cuma untuk mesin, padahal tidak demikian.

Ada beberapa komponen lain pada mobil yang tak lepas dari peran oli. Seperti transmisi, gardan untuk mobil penggerak belakang, sampai power steering yang semuanya juga perlu untuk diganti secara berkala.

"Memang di luar oli mesin kebanyakan pemilik mobil tidak begitu familiar, padahal sama-sama ada pelumas dan perlu diganti secara berkala sesuai anjuran," ucap Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, kepada KOMPAS.com, Minggu (4/12/2022).

Baca juga: Apa Benar Kurangi Tekanan Udara Ban Bikin Aman dari Aquaplaning?

"Bila tidak, kemungkinan besar justru akan mempengaruhi fungsi, bahkan sampai menyebabkan kerusakan pada komponen yang berimbas biaya perbaikan makin mahal," katanya.

Nah terkait jadwal pergantian, sebelumnya Auto2000 sudah memberikan daftar soal kapan baiknya melakukan pergantian oli pada masing-masing komponen dengan rincian sebagai berikut :

Mesin

Pelumas untuk mesin dianjurkan untuk diganti setiap enam bulan sekali atau saat melakukan perawatan rutin. Oli yang sudah tidak bagus akan mempengaruhi kerja mesin dan membuat pelumasan kepada komponen tidak optimal.

Perawatan wajib ganti oli mesinInnova Community Perawatan wajib ganti oli mesin

Efek jangka panjang sangat merugikan, seperti kerusakan komponen karena adanya gesekan yang membuat keausan, bahkan sampai macet. Suparna menjelaskan, patokan mengganti oli mesin bisa dari jarak atau waktu, tinggal tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

"Idealnya enam bulan atau setiap 10.000 kilometer (km), tinggal pemilik mobil nanti melihat mana yang tercapai. Misal sudah 6 bulan tapi jarak tempuh masih kecil, idealnya tetap diganti. Begitu juga sebaliknya, sudah 10.000 km tapi belum enam bulan," ujar Suparna.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.