Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Diuji Coba, Ini Cara Beli Solar Pakai QR Code

Kompas.com - 07/12/2022, 15:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Tbk mulai melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi menggunakan QR Code pada aplikasi MyPertamina mulai 1 Desember 2022.

Pada tahap awal, jenis BBM yang harus melalui fitur itu ialah solar subsidi. Pemberlakuan 11 kabupaten atau kota terpilih sebagai upaya persiapan pelayanan bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

"Uji coba penerapan Kode QR Subsidi Tepat untuk Solar Subsidi kini sudah mulai dilakukan di beberapa wilayah terpilih sebagai upaya persiapan pelayanan bagi seluruh masyarakat," tulis Pertamina dalam akun Instagram resminya, @mypertamina, Selasa (6/11/2022).

Baca juga: Kebiasaan Menyalakan Hazard Pada Persimpangan di Sumatera

Ilustrasi lokasi daftar MyPertamina offline.KOMPAS.COM/TITIS ANIS FAUZIYAH Ilustrasi lokasi daftar MyPertamina offline.

Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, cara baru ini dilakukan untuk memastikan BBM bersubsidi bisa didapatkan oleh konsumen yang berhak mendapatkannya. Oleh karena itu, Pertamina perlu mendata konsumen-konsumen yang bisa menggunakan subsidi BBM.

Untuk membeli BBM solar subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut di Google PlayStore dan AppStore.

Setelah itu pengguna wajib melakukan registrasi dan menghubungkan akun LinkAja sebagai instrumen transaksinya ke aplikasi MyPertamina. Berikut adalah langkah-langkah membeli Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MyPertamina (@mypertamina)

1. Unduh aplikasi MyPertamina di AppStore dan PlayStore
2. Registrasi dengan memasukan data diri, nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan atur PIN Anda
3. Aktivasi MyPertamina dengan memasukan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor yang didaftarkan
4. Login kembali dengan nomor telepon dan PIN yang sudah dibuat sebelumnya
5. Setelah masuk, tautkan akun MyPertamina dengan akun LinkAja yang dimiliki dan pastikan saldo LinkAja cukup untuk melakukan transaksi
6. Jika saldo sudah tersedia, pembelian BBM bisa dilakukan pada halaman dengan mengklik opsi Bayar
7. Arahkan kamera ponsel ke mesin EDC SPBU Pertamina dan scan QR Code yang ditampilkan pada mesin tersebut
8. Jika jumlah liter dan harga telah muncul dan sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik Bayar, masukkan PIN akun LinkAja, setelah itu Anda akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil

Baca juga: Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Catat Jenis Pelanggarannya

Pembelian BBM bersubsidi menggunakan aplikasi MyPertamina. Kompas.com/Donny Pembelian BBM bersubsidi menggunakan aplikasi MyPertamina.

Jika belum memiliki aplikasi MyPertamina, masyarakat bisa melakukan pendaftaran di situs resmi MyPertamina melalui tautan https://subsiditepat.mypertamina.id/ . Pertamina Patra Niaga sudah membuka situs pendaftaran ini sejak 1 Juli 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com