Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 08:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Rem mobil bisa dibilang menjadi komponen paling penting yang menentukan keamanan dan keselamatan berkendara. 

Masalah kerusakan rem bisa diketahui dari beberapa gejala yang timbul, karena mekanisme kerja dari beberapa komponen yang saling berhubungan. 

Salah satunya seperti tak seimbangnya tekanan rem antara sisi kanan dan kiri. Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, masalah rem tersebut menyebabkan steering mobil lari ke salah satu sisi. 

"Rem bergetar hebat ketika melaju kecepatan tinggi. Setir juga jadi terbuang ke salah satu arah. Hal itu tergantung berat mana keseimbangan di antara kedua roda," ucap Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (3/12/2022). 

Baca juga: Tak Hanya Eksterior, Interior Mobil Juga Wajib Bersih di Musim Hujan

Beda halnya seperti piringan disc brake bergelombang, rem yang menekan di salah satu sisi tersebut akibat kaliper rem yang macet.

Penyebab yang paling sering karena kotoran dan karat yang tercipta dari proses kimiawi lantaran celah kolong roda sering dibiarkan kotor. Hal tersebut akan lebih parah jika mobil melaju kecepatan tinggi atau di jalan bebas hambatan.

Saat rem digunakan, laju mobil malah tak terkendali dan berbahaya. Bambang mengatakan, fenomena setir lari dan seakan terpelanting tersebut murni karena bobot mobil seluruhnya bertumpu pada satu titik. 

Bengkel resmi ToyotaDicky Aditya Wijaya Bengkel resmi Toyota

"Itu adalah gejala parah dan bisa membahayakan, jika gejala piringan disc brake bergelombang pedal rem bergetar, kaliper yang macet di salah satu roda menyebabkan setir seperti berbelok sendirinya akibat tekanan berlebihan pada salah satu roda," kata dia. 

Bahkan, kerusakan rem tersebut jika dibiarkan bisa menyebabkan disc brake kalah. Hal itu karena rem menekan terus menerus walau sedang tak digunakan.

Sebagai langkah antisipasi, Bambang menyarankan, sebaiknya perawatan rem dilakukan sesuai jadwal. 

Baca juga: Alternatif Bikin Kabin Innova Reborn dan Venturer Lebih Berkelas

Bengkel Siaga Daihatsu tetap beroperasi selama libur nataruDok. ADM Bengkel Siaga Daihatsu tetap beroperasi selama libur nataru

"Perawatan rutin 10.000 kilometer (km) mencegah berbagai macam kerusakan komponen sistem pengereman. Kondisi kampas rem di cek secara detail, kaliper juga akan dilihat fungsinya apakah normal atau mengalami indikasi kerusakan," kata Bambang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.