Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 10:48 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Honda mengumumkan akan memproduksi fuel cell electric vehicle (FCEV) melalui model CR-V yang akan diluncurkan pada 2024.

Produksi tersebut kabarnya akan dilakukan di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio.

Kendaraan ini sekaligus akan berkontribusi pada tujuan Honda untuk membuat battery electric vehicle (BEV) dan FCEV mewakili 100 persen penjualan mobil globalnya pada tahun 2040.

FCEV berbasis CR-V baru juga akan menandai kendaraan produksi pertama di Amerika Utara yang menggabungkan fitur plug-in dengan teknologi FCEV dalam satu model.

Baca juga: Motor Listrik Alva One Diklaim Sudah Terjual Ribuan Unit

Teknologi ini memungkinkan pengemudi untuk mengisi daya dengan waktu yang jauh lebih singkat namun jarak tempuh yang dihasilkan lebih bisa jauh.

“Honda menetapkan tujuan kami untuk mewujudkan netralitas karbon pada tahun 2050 dan elektrifikasi lengkap jajaran kendaraan kami pada tahun 2040 sangat penting untuk mencapainya,” ucap Gary Robinson, wakil presiden Auto Planning & Strategy untuk American Honda Motor Co., Inc., dikutip dari keterangan resmi, Kamis (1/12/2022).

CR-V HybridKompas.com/ApridaMegaNanda CR-V Hybrid

“Kami mempercepat rencana kami untuk memproduksi EV baterai Honda di Amerika Serikat, kami juga akan memulai produksi volume rendah kendaraan listrik sel bahan bakar di sana untuk lebih mengeksplorasi potensi besar mereka sebagai bagian dari masa depan transportasi yang berkelanjutan,” lanjutnya.

PMC disusun sebagai volume kecil, fasilitas manufaktur khusus, yang berfokus pada pengerjaan dan kendaraan rakitan tangan.

Sejak dibuka pada tahun 2016, PMC bertanggung jawab atas produksi supercar Acura NSX, berbagai kendaraan Acura PMC Edition (termasuk TLX, RDX dan MDX) bersama dengan mobil balap Honda Performance Development.

Hal ini membuat PMC secara unik cocok untuk produksi FCEV berkualitas tinggi, yang memerlukan prosedur perakitan khusus.

Kemudian sebagai SUV terlaris di Amerika selama seperempat abad terakhir, Honda CR-V dirasa sangat cocok untuk FCEV, mengingat mobil ini memiliki karakter yang fun-to-drive, sporty, serta memiliki kabin yang lega.

Baca juga: Odometer Jangan Dijadikan Patokan Saat Beli Motor Bekas

Adapun CR-V generasi keenam ini sebelumnya juga telah bergabung dalam strategi elektrifikasi Honda dengan peluncuran model hybrid-nya, yang diharapkan bisa mewakili sekitar 50 persen dari penjualan tahunan CR-V.

Sementara, untuk informasi lebih lanjut tentang CR-V FCEV baru akan diumumkan menjelang peluncurannya pada tahun 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com