Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Tol Trans Sumatera Diprediksi Naik 12,8 Persen Selama Nataru

Kompas.com - 30/11/2022, 18:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memprediksi akan terjadi kenaikan volume lalu lintas hingga 12,8 persen di ruas tol Trans Sumatera selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Kondisi ini seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang jauh membaik daripada tahun lalu.

“Kami memprediksi trafik di ruas JTTS (Lintas Sumatera) yang dikelola Hutama Karya pada momen Nataru 2022/2023 mengalami pertumbuhan hingga 12,88 persen dibandingkan pada trafik Nataru tahun 2021/2022,” ujar Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam keterangannya, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Kemenhub Pastikan Tidak Ada Pengecualian Pemberantasan ODOL

Gerbang Tol Bangkinang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Bangkinang. Hutama Karya Gerbang Tol Bangkinang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Bangkinang.

Lebih rinci, perseroan memproyeksikan bila ruas Tol Bakauheni - Terbangi Besar akan meningkat 33,14 persen dari periode Nataru 2022.

Kemudian Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung juga akan naik 22,85 persen, dan Tol Pekanbaru - Dumai mampu tumbuh sebesar 34,57 persen.

Pertumbuhan kata dia juga bakal terjadi di Ruas JORR Seksi S (JORR-S). Mengingat per-September ada kenaikan sebesar 38,17 persen di sana dan Tol Akses Tanjung Priok (ATP) sebesar 34,89 persen.

Untuk memperlancar arus lalu lintas selama masa Nataru, Koentjoro mengatakan Hutama Karya akan mengoperasikan delapan ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang 547 Km mulai dari Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar.

Baca juga: Mulai 1 Desember Beli Biosolar Harus Pakai QR

Gerbang Tol Amplas 2 Tebing Tinggi, ruas Belmera, Jalan Tol Trans SumateraJasa Marga Gerbang Tol Amplas 2 Tebing Tinggi, ruas Belmera, Jalan Tol Trans Sumatera

Selanjutnya ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Palembang – Indralaya, Pekanbaru – Dumai, Pekanbaru – Bangkinang, Medan – Binjai, Binjai – Stabat dan Sigli – Banda Aceh, dan satu ruas yang sudah rampung 100 persen konstruksinya dengan panjang 17,8 km yaitu Bengkulu – Taba Penanjung.

Hutama Karya menurutnya juga menyiagakan 3.132 petugas layanan jalan tol, 307 unit armada siaga dan dalam meningkatkan kapasitas gerbang tol yang sudah ada, akan disiagakan 52 unit mobile reader apabila terjadi antrian.

"Untuk melayani pengendara yang kekurangan saldo uang elektronik, Hutama Karya telah menyiagakan 35 titik top-up tunai di gerbang tol dan beberapa titik booth top-up UMKM di lokasi rest area," kata Koentjoro.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.