Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2022, 17:01 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 baru saja menyelesaikan perjalanan dari Jakarta ke Banda Aceh. Tercatat 2.896 Km telah dijalani oleh Honda BR-V dan melewati berbagai kondisi jalanan.

Selama perjalanan, Honda BR-V tidak mengalami kendala yang berarti. Hal ini berkat adanya persiapan yang dilakukan sebelum mobil digunakan untuk perjalanan yang jauh.

Ivan Februari Andy, Kepala Bengkel Honda Arista Sudirman Pekanbaru mengatakan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar mobil fit untuk lakukan perjalanan yang jauh.

Baca juga: Hitung Ongkos Bensin Honda BR-V Tempuh Perjalanan Jakarta-Medan

Honda BR-VKompas.com/Handoyo Honda BR-V

"Periksa kondisi kendaraan secara menyeluruh, berkaitan dengan oli, air, ban, rem, wiper, dan kelengkapan dokumen," ucap Ivan kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian untuk oli, ganti sesuai dengan usia pemakaian, yakni 10.000 Km atau enam bulan. Jadi periksa juga umur oli sebelum berangkat dan dipersiapkan apakah butuh ganti oli di tengah perjalanan atau tidak.

"Cek juga kondisi air radiator, kalau kurang bisa ditambah. Lalu pastikan ban, kampas rem, dan aki dalam kondisi baik," ucap Ivan.

Baca juga: Alasan Kenapa Cairan Wiper Tak Boleh Menggandung Detergen


Untuk air radiator, bisa dilihat dari tabung reservoir atau cadangan. Kalau kurang dari batas minimum, bisa ditambah sampai batas aman.

"Cek juga kebocoran baik di sistem pendingin (air radiator) dan oli," kata Ivan.

Jika sudah diperiksa dan aman, bisa langsung persiapkan perjalanan. Jangan lupa buat rencana perjalanan yang baik, di mana kota untuk beristirahat dan sesuaikan dengan waktu keberangkatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.