Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapan Mobil Sebelum Dibawa Jalan Ribuan Kilometer

PEKANBARU, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 baru saja menyelesaikan perjalanan dari Jakarta ke Banda Aceh. Tercatat 2.896 Km telah dijalani oleh Honda BR-V dan melewati berbagai kondisi jalanan.

Selama perjalanan, Honda BR-V tidak mengalami kendala yang berarti. Hal ini berkat adanya persiapan yang dilakukan sebelum mobil digunakan untuk perjalanan yang jauh.

Ivan Februari Andy, Kepala Bengkel Honda Arista Sudirman Pekanbaru mengatakan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar mobil fit untuk lakukan perjalanan yang jauh.

"Periksa kondisi kendaraan secara menyeluruh, berkaitan dengan oli, air, ban, rem, wiper, dan kelengkapan dokumen," ucap Ivan kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian untuk oli, ganti sesuai dengan usia pemakaian, yakni 10.000 Km atau enam bulan. Jadi periksa juga umur oli sebelum berangkat dan dipersiapkan apakah butuh ganti oli di tengah perjalanan atau tidak.

"Cek juga kondisi air radiator, kalau kurang bisa ditambah. Lalu pastikan ban, kampas rem, dan aki dalam kondisi baik," ucap Ivan.

Untuk air radiator, bisa dilihat dari tabung reservoir atau cadangan. Kalau kurang dari batas minimum, bisa ditambah sampai batas aman.

"Cek juga kebocoran baik di sistem pendingin (air radiator) dan oli," kata Ivan.

Jika sudah diperiksa dan aman, bisa langsung persiapkan perjalanan. Jangan lupa buat rencana perjalanan yang baik, di mana kota untuk beristirahat dan sesuaikan dengan waktu keberangkatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/30/170100915/persiapan-mobil-sebelum-dibawa-jalan-ribuan-kilometer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke