Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Ongkos Bensin Honda BR-V Tempuh Perjalanan Jakarta-Medan

Kompas.com - 30/11/2022, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

ACEH, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 baru saja menyelesaikan perjalanan dari Jakarta sampai ke Aceh. Kami mengunjungi berbagai kota dengan mengemudikan Honda BR-V paling baru.

Sebelumnya, kami sudah menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengisi BBM dalam perjalanan Jakarta-Rantauprapat. Kami menggunakan bahan bakar dengan RON 92 (Pertamax) dan total biayanya adalah Rp 1.638.000, belum termasuk biaya penyeberangan dan tol.

Lalu untuk perjalanan dari Rantauprapat ke Medan, kami melewati Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera. Secara umum jalannya cukup mulus, cuma sempat jumpa perbaikan jalan sampai menutup satu jalur, jadi ada antrean yang cukup panjang.

Baca juga: Perjalanan Panjang Honda BR-V dari Medan ke Aceh, Lebih dari 600 Km

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Ketika sampai Tebingtinggi, sudah tersedia tol yang mengarah ke Medan sehingga bisa mempersingkat waktu perjalanan. Kami pun mencoba tol tersebut dan bisa dibilang konturnya mulus, tidak bergelombang, hanya saja harus perhatikan ketika mobil melalui jembatan, karena cukup tinggi undakannya.

Berdasarkan MID, Honda BR-V ini sudah menempuh jarak 298,2 Km dari Rantauprapat ke Medan. Untuk konsumsi BBM, kami mendapat di angka 14,8 Kilometer per liter.

Kalau menghitung berapa jumlah BBM yang digunakan, maka jarak tempuh dibagi dengan konsumsi BBM. Maka didapatkan 20,14 liter atau dibulatkan ke atas jadi 20,2 liter.

Baca juga: Mengulas Interior New Xpander Cross, Apa yang Baru?

Kemudian, menghitung biayanya maka total BBM yang digunakan dikali dengan harga Pertamax yang ada di Rantauprapat, yakni Rp 14.200. Hasilnya, Rp 286.840 atau dibulatkan Rp 287.000.

Maka, total biaya perjalanan dari Jakarta sampai ke Medan adalah Rp 1.638.000 ditambah Rp 287.000, yakni Rp 1.925.000. Biaya tersebut belum termasuk tarif penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dan tol. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com