Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Motor 2 Tak, Harga Bekasnya Mulai Rp 4 Jutaan di Semarang

Kompas.com - 29/11/2022, 11:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Walau tidak lagi diproduksi, sepeda motor 2 tak masih punya pasar yang cukup bagik di segmen motor bekas

Berdasarkan pantauan redaksi Kompas.com, Senin (28/11/2022), disejumlah bursa jual beli motor bekas online, masih cukup banyak yang memasarkannya dengan kisaran harga Rp 10 jutaan. 

Pilihannya juga beragam, ada Yamaha F1ZR, RX-King, Kawasaki Ninja, dan beberapa model motor 2 tak yang populer pada generasi tahun 1990.

"F1ZR tahun 1996 lengkap, full orisinil, surat-surat komplit. Ini harganya sudah turun kemarin Rp 7,5 juta, spesial dijual Rp 6 juta. Barang koleksi dan dijamin puas," ucap Indriawan Al-Ghazali, salah satu penjual F1ZR bekas melalui pesan instan kepada redaksi, Senin (28/11/2022). 

Baca juga: Pilihan Motor Bekas Rp 10 Jutaan di Semarang, dari Varion sampai R15

Dari sektor mesin, kaki-kaki dan spesifikasi lainnya belum ada ubahan apapun. Riwayat motor tersebut juga murni pemakaian pribadi dan hingga saat ini juga dijadikan kendaraan operasional harian. 

Pengalaman lalu, F1ZR milik Indriawan pernah ditawar murah. Kesal menanggapi lemparan pertanyaan, kemudian langsung mengambil keputusan buka harga yang masuk akal. 

F1ZR bekas harga Rp 4 jutaDicky Aditya Wijaya F1ZR bekas harga Rp 4 juta

"Capek menjawab pertanyaan harga, akhirnya yasudah jual seadanya. Niatnya belum mau dilepas, entah nanti kalau cocok," kata dia. 

Sementara itu, Aji Arfendy Anggota Komunitas RX King Unyar-Unyur mengatakan, motor 2 tak banyak yang dijual murah. Peminatnya sudah banyak dan latar belakangnya dari berbagai kalangan. 

Banyak pula anggapan sebelumnya menyebutkan perawatan motor tersebut kompleks karena mesin mengandalkan oli samping. Calon pembeli awam berpikir, ke depannya malah merepotkan sendiri saat digunakan harian. 

Baca juga: Motor Trail Bekas, KLX dan CRF Dibanderol Mulai Rp 15 Jutaan

Komunitas RX-King Unyar-Unyur anggotanya kebanyakan anak-anak muda pelajar SMA dan SMKDicky Aditya Wijaya Komunitas RX-King Unyar-Unyur anggotanya kebanyakan anak-anak muda pelajar SMA dan SMK

"Anak-anak SMA/SMK banyak yang dipakai ke sekolah aman-aman saja. Sama saja motor 4-tak, pergantian oli mesin jadi kunci perawatan. Oli samping asal tidak ada kebocoran awet," kata Fendy. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.