Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Klaim, Kemungkinan Innova Zenix Hybrid Mogok Karena Baterai Sangat Kecil

Kompas.com - 26/11/2022, 14:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi mobil mati atau mogok saat dalam perjalanan memang jadi yang tidak menyenangkan. Hal tersebut bisa saja dialami siapapun dengan jenis atau model mobil apapun.

Dari kasus yang sudah-sudah, biasanya mobil mogok karena terdapat masalah pada kompresi, pengapian, maupun bahan bakar yang habis. Artinya, pemilik luput dan lalai dalam merawat kendaraan.

Lantas bagaimana dengan mobil hybrid, apakah karena masalah baterai bisa membuat mogok seketika?

Area Business Manager Auto2000 Northwest Herry Darmasaputra menjelaskan, potensi kerusakan baterai yang pada akhirnya membuat mobil hybrid mogok sangatlah kecil.

Baca juga: Garansi Hangus, Ganti Baterai Innova Zenix Hybrid Rp 30 Jutaan

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Contoh seperti Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, baterai-nya sudah dilindungi dengan rapat. Selama digunakan secara normal atau sesuai peruntukannya, maka komponen itu bisa tahan genangan air maupun guncangan.

"Jadi bukan masalah baterai. Mobil ini (Innova Zenix Hybrid) bisa aja mogok karena kan masih ada mesin bakarnya. Jadi lebih cenderung (masalah) pada air filter atau intake-nya," katanya di Jakarta Utara, Jumat (26/11/2022).

"Guna mengurangi hal-hal tidak diiginkan, semua konsumen kita edukasi agar selalu menggunakan mobil sesuai kebutuhan," lanjut Herry.

Belum lagi, pihak Toyota Indonesia memberikan garansi baterai sampai 8 tahun atau 160.000 kilometer (km). Durasi tersebut lebih lama dibanding asuransi kendaraannya sendiri yakni lima tahun.

Baca juga: Pesan Innova Zenix Hybrid Inden Sampai 6 Bulan

Jadi setiap servis rutin, pihak diler akan selalu melakukan pengecekkan agar baterai tetap berfungsi optimal. Ketika ditemukan ada potensi kerusakan, konsumen dibebaskan dari biaya servisnya.

Pernyataan itu sesuai dengan Chief Engineer Toyota Motor Corporation Hideki Mizuma yang menyebut, baterai pada Innova Zenix Hybrid sudah diuji ketahanan terhadap air dan sealed (kedap).

Mesin Innova Zenix Nasmoco Mesin Innova Zenix

Jadi sekalipun mobil terendam air, komponen baterai tidak akan mengalami kontak dengan air. Tidak hanya itu, komponen rangkaian baterai juga dilengkapi dengan filter tersendiri untuk menyaring debu dan mencegah risiko peningkatan temperatur baterai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.