Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Era Elektrifikasi, Pasar Pelumas Dinilai Masih Menjanjikan

Kompas.com - 26/11/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mulai memasuki era elektrifikasi, di mana banyak kendaraan listrik dan hybrid mulai dipasarkan. Meski demikian, pasar pelumas mesin dinilai masih menjanjikan.

Dengan hadirnya kendaraan listrik, maka pelumas mesin tidak lagi dibutuhkan. Namun, sepertinya masih lama untuk pasar Indonesia didominasi oleh kendaraan listrik.

Bardahl Indonesia menilai bahwa pasar oli baik roda dua maupun roda empat di Tanah Air masih menjanjikan seiring dengan terus bertumbuhnya penjualan kendaraan bermotor.

Baca juga: Ciri-ciri Oli Mesin Palsu, Bisa Dilihat dari Kemasan dan Karakternya

"Masih sangat menjajikan, khususnya untuk pasar oli kendaraan roda dua di Indonesia. Dari penjualan sepeda motor yang tiap tahunnya mengalami peningkatan menjadi peluang bagi produsen oli, termasuk Bardahl," kata VP Bardahl Indonesia-Pudjijarto Sutjipto, dalam keterangan resminya.

 Pelumas dan zat aditif Bardahl lahir kembali meramaikan pasar pelumas di IndonesiaDok. Bardahl Indonesia Pelumas dan zat aditif Bardahl lahir kembali meramaikan pasar pelumas di Indonesia

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan motor sepanjang 2021 mencapai 5.057.516 unit, tumbuh 38 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara itu, penjualan motor pada periode Januari-Oktober 2022, telah mencapai 4.149.947 unit atau 81,4 persen dari target 5,1 juta unit.

Pudjijarto mengatakan, pertumbuhan penjualan motor akan sejalan dengan peningkatan permintaan pelumas. Pasar oli di dalam negeri, menurutnya, juga kompetitif karena banyak masyarakat Indonesia yang sudah memahami tentang spesifikasi oli sehingga tidak sembarangan dalam memilih pelumas yang berkualitas sesuai dengan kendaraannya.

Baca juga: Cara Membedakan Oli Mesin Palsu dan Asli

Pudjijarto menambahkan, untuk memperkuat pasar pelumas di Tanah Air, Bardahl melakukan berbagai strategi seperti terus memperluas jaringan distribusi di seluruh wilayah Indonesia, menjaga kualitas dan keaslian produk Bardahl, ketersediaan stok serta menjalankan berbagai program agar semakin dikenal konsumen.

Bardahl Indonesia luncurkan oli mesin baru untuk sepeda motorDok. Bardahl Bardahl Indonesia luncurkan oli mesin baru untuk sepeda motor

Startegi lainnya adalah memperkenalkan 6 varian baru oli berteknologi Ester yang diklaim mampu mengurangi deposit mesin. Sehingga, ruang bakar lebih bersih dan meningkatkan akselerasi sehingga irit bahan bakar.

PT Pelayanan Oli Spesialis, perwakilan resmi merek pelumas dan zat aditif Bardahl Indonesia, meluncurkan 6 varian baru pelumas Bardahl dengan berbagai keunggulan dan spesifikasi, yaitu fully synthetic dan sintetik dengan jenis kemasan 0,8 dan 1 liter serta berbagai pilihan kekentalan (SAE).

Oli baru Bardahl untuk sepeda motor transmisi manual adalah XT4-S 10W-50 API SL, XTC 10-40 API SL, XTM 15W-50 API SL, XTM 20W-50 API SL, dan 2 varian untuk skutik, yaitu XTC Scooter 10W-30 SL, XTC Scooter 10W-40 SL.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.