Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2023 Akan Kembali Mendukung Industri Wisata Bahari

Kompas.com - 26/11/2022, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 akan kembali mendukung industri wisata bahari. Pameran otomotif ini juga akan menampilkan Indonesia Boating Gathering (IBG).

Dengan mengangkat tagline BOOST “Bringing Opportunity for Otomotive Society Together”, penyelenggaraan IIMS 2023 diharapkan dapat menyokong berbagai industri di Indonesia dengan menggandeng para pelaku sektor otomotif beserta turunannya, pelaku UMKM, hingga para pegiat industri wisata bahari.

Untuk mendukung gelaran IIMS, telah dilangsungkan Launching IIMS Indonesian Boating Gathering (IBG) di Palmerah, Jakarta Pusat (23/11).

Baca juga: SUV Kompak Mitsubishi XFC Concept Akan Dipamerkan di IIMS 2023?

Indonesia Boating Gathering (IBG) merupakan salah satu program menarik di perhelatan IIMS yang merupakan kolaborasi dari sebuah yayasan non-profit Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI) bersama Dyandra Promosindo untuk menggairahkan kembali industri wisata bahari.

Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)Dok. IIMS Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)

”Dari sisi pelaku industri MICE, kami bersyukur dengan kehadiran IBG dalam pameran IIMS. Ini merupakan salah satu langkah yang diambil untuk mempromosikan industri pariwisata, khususnya wisata bahari kepada seluruh pengunjung IIMS," ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung, dalam keterangan resminya.

Daswar menambahkan, pihaknya berharap di IIMS 2023 akan terbentuk komunitas-komunitas yang bergerak di industri maritim maupun wisata bahari. Melalui program ini, diharapkan para pemangku kepentingan menaruh atensi lebih terhadap para pelaku industri maritim maupun wisata bahari.

Andi Komara, Board of Supervisor Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI), mengatakan, dengan adanya pameran IIMS diharapkan dapat mendongkrak penjualan, melihat dari harga boating yang sebenarnya masih affordable bagi kalangan masyarakat.

Baca juga: Bakal Banyak Kendaraan Listrik yang Tampil di IIMS 2023

"Berdasarkan data, 5 persen sampai 10 persen masyarakat Indonesia mampu membeli alat transportasi di bawah 1 milyar. Sehingga dapat dikatakan bahwa market besar, namun kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap produk-produknya, sehingga diperlukan sosialisasi lebih lanjut," kata Andi.

Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)Dok. IIMS Indonesia Boating Gathering (IBG) yang digelar pada Indonesia International Motor Show (IIMS)

Selain bergerak dalam bidang pemberdayaan penguatan potensi maritim, CMSI bertujuan untuk membuat kesempatan terciptanya sinergitas dari stakeholders industri maritim Indonesia untuk kebangkitan maritim Indonesia.

Kehadiran IBG di IIMS 2023 merupakan kali ketiga sejak kehadirannya perhelatan IIMS 2019 dan IIMS 2022 yang berhasil mendapatkan respon positif para pengunjung. Pada IIMS 2023, IBG hadir dengan nuansa baru yang patut dinanti masyarakat.

 Indonesia Boating Gathering Indonesia Boating Gathering

“IBG akan menempati area eksklusif di Hall B2 JIExpo Kemayoran yang kami sebut ‘Boating and Tourism Lifestyle Area’. Area ini akan memamerkan line-up kapal rekreasi dan industri penunjangnya," ujar Rudi MF, Project Manager IIMS 2023.

"Satu kejutan yang kami persiapkan di tahun depan, pengunjung mendapatkan experience baru menyaksikan deretan kapal rekreasi yang dipamerkan, serta kompetisi dan atraksi Remote Control (RC) Boat di dalam kolam yang kami persiapkan," katanya.

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 rencananya akan diselenggarakan pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com