Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Klaim, Kemungkinan Innova Zenix Hybrid Mogok Karena Baterai Sangat Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi mobil mati atau mogok saat dalam perjalanan memang jadi yang tidak menyenangkan. Hal tersebut bisa saja dialami siapapun dengan jenis atau model mobil apapun.

Dari kasus yang sudah-sudah, biasanya mobil mogok karena terdapat masalah pada kompresi, pengapian, maupun bahan bakar yang habis. Artinya, pemilik luput dan lalai dalam merawat kendaraan.

Lantas bagaimana dengan mobil hybrid, apakah karena masalah baterai bisa membuat mogok seketika?

Area Business Manager Auto2000 Northwest Herry Darmasaputra menjelaskan, potensi kerusakan baterai yang pada akhirnya membuat mobil hybrid mogok sangatlah kecil.

Contoh seperti Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, baterai-nya sudah dilindungi dengan rapat. Selama digunakan secara normal atau sesuai peruntukannya, maka komponen itu bisa tahan genangan air maupun guncangan.

"Jadi bukan masalah baterai. Mobil ini (Innova Zenix Hybrid) bisa aja mogok karena kan masih ada mesin bakarnya. Jadi lebih cenderung (masalah) pada air filter atau intake-nya," katanya di Jakarta Utara, Jumat (26/11/2022).

"Guna mengurangi hal-hal tidak diiginkan, semua konsumen kita edukasi agar selalu menggunakan mobil sesuai kebutuhan," lanjut Herry.

Belum lagi, pihak Toyota Indonesia memberikan garansi baterai sampai 8 tahun atau 160.000 kilometer (km). Durasi tersebut lebih lama dibanding asuransi kendaraannya sendiri yakni lima tahun.

Jadi setiap servis rutin, pihak diler akan selalu melakukan pengecekkan agar baterai tetap berfungsi optimal. Ketika ditemukan ada potensi kerusakan, konsumen dibebaskan dari biaya servisnya.

Pernyataan itu sesuai dengan Chief Engineer Toyota Motor Corporation Hideki Mizuma yang menyebut, baterai pada Innova Zenix Hybrid sudah diuji ketahanan terhadap air dan sealed (kedap).

Jadi sekalipun mobil terendam air, komponen baterai tidak akan mengalami kontak dengan air. Tidak hanya itu, komponen rangkaian baterai juga dilengkapi dengan filter tersendiri untuk menyaring debu dan mencegah risiko peningkatan temperatur baterai.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/26/142200215/toyota-klaim-kemungkinan-innova-zenix-hybrid-mogok-karena-baterai-sangat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke