Kompas.com - 19/11/2022, 16:22 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Kunci model keyless menjadi tren fitur keamanan mobil-mobil modern. Selain tampak modern, mobil yang sudah menggunakan sistem keyless ternyata memiliki teknologi anti maling yang mumpuni.

Berbeda dengan keyless aftermarket yang hanya tampil keren, keyless bawaan pabrikan mampu melindungi mobil dari ancaman pencurian dengan sangat ketat.

Lantas, apa kelebihan mobil yang dilengkapi dengan keyless?

Baca juga: Apa Hubungan Immobilizer dan Keyless pada Mobil?

Kunci keyless All New XL-7Dicky Aditya Wijaya Kunci keyless All New XL-7

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan mobil yang sudah dilengkapi keyless memiliki keamanan anti maling yang cukup kuat dan praktis.

“Sistem keyless ini unik, teknologi ini mampu memberikan kemudahan kepada pengendara tanpa mengabaikan keamanan, karena keyless memungkinkan pengendara bisa menghidupkan mesin tanpa harus menggunakan anak kunci, tapi tetap aman dari maling,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Dia mengatakan meski mudah dalam pengoperasiannya, tapi bakal sulit dioperasikan oleh pihak yang tidak diinginkan.

Baca juga: Apa Bedanya Remote Alarm dan Keyless pada Mobil?

“Kemudahan tersebut memang sengaja diberikan kepada pemegang remote atau pengendara, tapi ketika ada orang asing yang tidak memegang remote, maka akses kemudahan tersebut berubah menjadi kerumitan dalam hal keamanan,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan tanpa remote keyless, maka mobil tidak akan bisa dihidupkan sehingga ini bisa disebut dengan fitur keamanan anti maling yang mumpuni.

“Mesin tidak akan mendapatkan dukungan dari ECU sehingga sistem kelistrikan mesin tidak berjalan bila tidak terdeteksi remote yang sudah terdaftar,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Remote Keyless Mobil Hilang, Ini Kisaran Dana yang Harus Disiapkan

Dia mengatakan keyless bisa dikatakan dengan pengembangan teknologi immobilizer, hanya saja jangkauan immobilizer diperluas hingga di area kabin sehingga kemudahan tersebut tercipta.

“Begitu remote terdeteksi berada di area kabin atau berada pada area tertentu, maka hanya sekali saja menekan tombol start dan menginjak pedal rem maka mesin mobil dapat hidup dengan mudah, itu kelebihan keyless,” ucap Ibrohim.

Jadi, kelebihan mobil yang dibekali keyless adalah kemudahan dalam mengakses mobil serta keamanan yang cukup tangguh dalam mencegah pencurian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.