Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Fungsi Anak Kunci yang Tersembunyi di Dalam Remote Keyless?

KLATEN, KOMPAS.com - Dewasa ini banyak mobil yang dilengkapi dengan sistem keyless sebagai pengganti kunci kontak. Hal itu menjadi tren yang banyak diikuti oleh masyarakat karena terkesan lebih modern berkat teknologi yang canggih.

Pasalnya, dengan remote keyless pengguna bisa lebih praktis dalam mengoperasikan mobil. Tanpa perlu lagi menggunakan anak kunci, hanya dengan menekan tombol dan menekan pedal rem, kemudian mesin sudah bisa dihidupkan.

Meski tidak membutuhkan anak kunci untuk menghidupkan mesin, faktanya ada saja model remote keyless yang disertakan anak kunci di dalam remote. Lantas, apa fungsi dari anak kunci tersebut?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan anak kunci yang disertakan di dalam remote keyless memiliki fungsi khusus, tapi bukan untuk menghidupkan mesin.

“Di dalam remote keyless, sebenarnya disertakan anak kunci yang berfungsi untuk hal lain, bukan untuk menghidupkan mesin, seperti untuk untuk emergency kalau baterai remotenya habis, jadi untuk membuka pintu memggunakan anak kunci,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Dia mengatakan beberapa tipe mobil masih disediakan lubang anak kunci di pintu, meski ada juga mobil yang sudah tidak menggunakannya lagi.

“Selain untuk membuka pintu ketika baterai remote habis, di beberapa model ada fitur untuk mematikan passenger air bag dengan menggunakan anak kunci,” ucap Didi.

Dia mengatakan anak kunci di dalam remote keyless bisa digunakan untuk memutar pengaturan On dan Off airbag di bangku penumpang sebagai fitur keselamatan bila ada bayi di bangku penumpang.

“Beberapa mobil juga dilengkapi laci atau konsol boks yang bisa dikunci, nah itu masih menggunakan anak kunci yang ada di dalam remote keyless” ucap Didi.

Jadi, anak kunci yang ada di dalam remote keyless masih memiliki banyak fungsi, seperti penonaktifan passenger airbag, membuka pintu saat darurat dan membuka laci.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/26/104200415/apa-fungsi-anak-kunci-yang-tersembunyi-di-dalam-remote-keyless-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke