Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda BR-V Tembus Rute Pekanbaru - Rantauprapat, Dapat 16,1 Kpl

Kompas.com - 26/11/2022, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

RANTAUPRAPAT, KOMPAS.com - Perjalanan rute Pekanbaru ke Rantauprapat kalau dilihat pada aplikasi navigasi mencapai 360-an Kilometer. Terdapat dua pilihan jalan, melewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) lalu Lintas Timur (Jalintim) Sumatera atau full non tol lewat Jalintim.

Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 pun memilih opsi pertama di mana melalui Jalan Tol Permai dahulu dan masuk ke Jalintim. Kondisi jalan tolnya bisa dibilang sangat mulus dan tidak bergelombang, sehingga mobil bisa dikemudikan dengan cukup stabil di kecepatan 80 Kilometer per jam (Kpj) sampai 100 Kpj.

Oleh karena itu, konsumsi BBM selama melintasi jalan tol tersebut terpantau sempat menyentuh 18 Kilometer per liter (Kpl). Kemudian saat keluar di Gerbang Tol Bathin Selapan, konsumsi BBM di MID tercatat 17 Kpl.

Baca juga: Fitur Hiburan Honda BR-V Temani Perjalanan Merapah Trans-Sumatera 2022

Jalan Lintas Timur Sumatera KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jalan Lintas Timur Sumatera

Kami pun melanjutkan perjalanan lewat Jalintim dan masih menyisakan perjalanan sekitar lima sampai enam jam lagi menuju Rantauprapat. Kondisi jalannya beragam, ada yang aspal dan beton, serta beberapa ruas tidak rata antar jalur.

Mengingat kondisi jalannya yang tidak menentu, berimbas pada konsumsi BBM. Kami sempat menemui jalanan yang macet karena melewati sekolahan dan pasar, selain itu pun ada juga buka tutup jalan karena ada perbaikan.

Hasilnya, konsumsi BBM secara rata-rata terus turun sampai di angka 17-an Kpl. Kemudian saat mendekati Rantauprapat, kami memasuki malam hari, artinya mulai gelap.

Baca juga: Mengisi Liburan, Jack Miller Ikut Balapan Australian Superbike

Secara kondisi jalan, memang minim lampu penerangan, tapi relatif mulus aspalnya. Selain itu ada juga beberapa titik dengan mata kucing di tengah marka jalan sebagai pengingat jalur agar tidak keluar.

Kami pun selesai melakukan perjalanan sejauh 367,9 Km dan selama delapan jam 45 menit. Mungkin jika tidak menggunakan tol, waktu tempuh bisa di 10 sampai 11 jam dalam perjalanan.

Untuk konsumsi BBM, Honda BR-V yang kami gunakan mencatat 16,1 kpl. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi jalan yang macet serta ada beberapa waktu kami tancap gas untuk menyalip truk-truk yang lambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com