Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda BR-V Tembus Rute Pekanbaru - Rantauprapat, Dapat 16,1 Kpl

Kompas.com - 26/11/2022, 09:42 WIB

RANTAUPRAPAT, KOMPAS.com - Perjalanan rute Pekanbaru ke Rantauprapat kalau dilihat pada aplikasi navigasi mencapai 360-an Kilometer. Terdapat dua pilihan jalan, melewati Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) lalu Lintas Timur (Jalintim) Sumatera atau full non tol lewat Jalintim.

Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 pun memilih opsi pertama di mana melalui Jalan Tol Permai dahulu dan masuk ke Jalintim. Kondisi jalan tolnya bisa dibilang sangat mulus dan tidak bergelombang, sehingga mobil bisa dikemudikan dengan cukup stabil di kecepatan 80 Kilometer per jam (Kpj) sampai 100 Kpj.

Oleh karena itu, konsumsi BBM selama melintasi jalan tol tersebut terpantau sempat menyentuh 18 Kilometer per liter (Kpl). Kemudian saat keluar di Gerbang Tol Bathin Selapan, konsumsi BBM di MID tercatat 17 Kpl.

Baca juga: Fitur Hiburan Honda BR-V Temani Perjalanan Merapah Trans-Sumatera 2022

Jalan Lintas Timur Sumatera KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jalan Lintas Timur Sumatera

Kami pun melanjutkan perjalanan lewat Jalintim dan masih menyisakan perjalanan sekitar lima sampai enam jam lagi menuju Rantauprapat. Kondisi jalannya beragam, ada yang aspal dan beton, serta beberapa ruas tidak rata antar jalur.

Mengingat kondisi jalannya yang tidak menentu, berimbas pada konsumsi BBM. Kami sempat menemui jalanan yang macet karena melewati sekolahan dan pasar, selain itu pun ada juga buka tutup jalan karena ada perbaikan.

Hasilnya, konsumsi BBM secara rata-rata terus turun sampai di angka 17-an Kpl. Kemudian saat mendekati Rantauprapat, kami memasuki malam hari, artinya mulai gelap.

Baca juga: Mengisi Liburan, Jack Miller Ikut Balapan Australian Superbike

Secara kondisi jalan, memang minim lampu penerangan, tapi relatif mulus aspalnya. Selain itu ada juga beberapa titik dengan mata kucing di tengah marka jalan sebagai pengingat jalur agar tidak keluar.

Kami pun selesai melakukan perjalanan sejauh 367,9 Km dan selama delapan jam 45 menit. Mungkin jika tidak menggunakan tol, waktu tempuh bisa di 10 sampai 11 jam dalam perjalanan.

Untuk konsumsi BBM, Honda BR-V yang kami gunakan mencatat 16,1 kpl. Hal ini menyesuaikan dengan kondisi jalan yang macet serta ada beberapa waktu kami tancap gas untuk menyalip truk-truk yang lambat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.