Kompas.com - 23/11/2022, 16:01 WIB

BURIRAM, KOMPAS.com - Asia Cross Country Rally (AXCR) tidak hanya diperuntukkan kendaraan roda empat. Namun, para pencinta roda dua pun juga diperbolehkan dan pesertanya cukup banyak.

Bagi para pencinta olahraga enduro, reli lintas negara ini bisa jadi salah satu tantangan yang menarik untuk dituntaskan.

Baca juga: Rifat Selesaikan Hari Kedua AXCR 2022, Tanpa Sokbreker dan Pecah Ban

Namun, sebelum memutuskan untuk mengikuti AXCR yang biasanya digelar di Thailand pada Agustus setiap tahunnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 kelas sepeda motorDok. AXCR Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 kelas sepeda motor

Rudy Poa, pereli dari Indonesia Cross Country Rally (IXCR), mengatakan, persiapan yang pasti dan yang utama adalah fisik. Sebab, AXCR merupakan reli yang panjang dengan rute lebih dari 2.000 kilometer.

"Kedua itu strategi, karena balap enam hari ini harus ada perencanaan yang tepat dan rencana tersebut juga harus disesuaikan dengan performa kita di hari itu," ujar Rudy kepada wartawan, saat ditemui di Buriram, Thailand, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Indonesia Cross Country Rally Team Siap Bertarung di AXCR 2022

Rudy menambahkan, selama lima hari atau enam hari tersebut, kemungkinan besar setiap peserta pasti ada mengalami hari jelek dan ada hari bagus.

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 kelas sepeda motorDok. AXCR Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 kelas sepeda motor

"Jadi, kita harus menyesuaikan jika ada hari jelek, kita upayakan tetap finis, tidak menghancurkan kendaraan, kita giring pulang dengan tenang, kita perbaiki, selalu ada kesempatan untuk mengejar waktu," kata Rudy.

Selain itu, menurut Rudy, pemilihan motor juga diupayakan yang low maintenance. Menurutnya, motor dengan kapasitas mesin yang besar memang dibuat khusus untuk jarak jauh.

"Jadi, kemungkinan besar tidak harus sering ganti oli. Onderdil lainnya juga lebih tahan. Motor jarak jauh itu mesinnya lebih awet, kenyamanannya juga berbeda, hanya beratnya saja yang menjadi minus," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.