Kompas.com - 23/11/2022, 14:12 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Timing belt menjadi komponen khusus yang ada pada Toyota Innova diesel. Berbeda dengan mobil lain, mesin Innova diesel tidak menggunakan timing chain atau rantai untuk menghubungkan poros cam dan poros engkol.

Mobil Innova diesel justru dilengkapi dengan timing belt berupa sabuk yang terbuat dari material karet. Tujuannya tentu agar mengurangi bunyi kasar yang ada pada mesin, sehingga bunyi mesin yang dihasilkan menjadi lebih halus.

Namun, konsekuensinya pemilik Innova diesel harus mengganti timing belt secara berkala, sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan. Lantas, berapa biaya penggantian timing belt pada Innova diesel?

Baca juga: Kapan Waktu Interval Penggantian Timing Belt Innova Diesel?

Mesin Innova DieselDicky Aditya Wijaya Mesin Innova Diesel

Kepala Bengkel Nasmoco Solo Baru Nyoman, mengatakan biaya penggantian timing belt Innova diesel berbeda-beda, tergantung dengan tahun produksi mobil yang bersangkutan.

“Biaya penggantian timing belt menyesuaikan dengan tahun produksi mobilnya, karena setiap generasi Innova memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dalam pemasangannya,” ucap Nyoman kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2022).

Dia mengatakan jika dikira-kira, biaya jasa pemasangan dan timing beltnya sendiri relatif murah bila dilihat dari periodikal penggantiannya.

Baca juga: Versi Hybrid Meluncur, Harga Innova Diesel Generasi Ke-3 Masih Tinggi

Modifikasi Toyota Innova diesel 2015doc pribadi Askasifi Eka Cesario Modifikasi Toyota Innova diesel 2015

“Timing belt pada Innova diesel kan diganti setiap mobil menempuh jarak 100.000 Km, jadi dengan biaya pemasangan sekitar Rp 700.000 an dan komponennya Rp 1 jutaan, itu bisa dinilai sendiri murah atau mahal,” ucap Nyoman.

Jadi, ada biaya khusus untuk mengganti timing belt pada perawatan Innova diesel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.