Kompas.com - 22/11/2022, 14:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Model baru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid mengalami perubahan menyeluruh. Meski begitu, Toyota masih menyematkan nama Kijang, di samping juga terdapat julukan baru 'Zenix’.

Seperti diketahui, generasi ketujuh Kijang kini memiliki pilihan mesin hybrid dan memiliki tampilan seperti sebuah crossover.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, filosofi crossover inilah yang menjadi dasar penamaan Zenix. Sebab Zenix merupakan gabungan kata dan huruf: Zenith dan X.

Baca juga: Toyota Klaim Kijang Innova Zenix Hybrid Lebih Irit BBM dari LCGC

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes jalan di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes jalan di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

"Zenith itu artinya puncak performa atau peak performance. Sementara X itu mewakili crossover. Jadi ini mobil crossover yang memberikan performa tinggi," ujar Anton di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto mengatakan, nama Kijang sudah populer dan melekat sangat baik di mata masyarakat, dimulai dari 1977.

"Dari 1977 Kijang bisa terus berevolusi secara produk maupun juga layanannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal itu pula yang akhirnya membuat nama Kijang begitu populer dan melekat di mata masyarakat Indonesia," kata Henry, pada kesempatan yang sama.

Baca juga: Alasan Toyota Innova Zenix Tinggalkan Mesin Diesel

Ilustrasi Toyota Kijang KapsulDok. Otomotif Group Ilustrasi Toyota Kijang Kapsul

 

Henry juga mengatakan, nama Kijang kini bukan sekadar nama produk. Sebab bagi sebagian besar masyarakat Indonesia Kijang menjadi salah satu nama yang menemani perjalanan bermobilitas mereka dari dulu sampai sekarang.

"Jadi kenapa namanya dipertahankan dari 1977 sampai sekarang, sampai generasi ketujuh, itu evolusinya banyak sekali karena industri otomotif itu berubah, dan hal lainnya juga berubah, dan kijang bisa terus berevolusi untuk memenuhi (kebutuhan) itu," ucap Henry.

"Dan itu jadi simbol spiritnya Toyota, bahwa Toyota selalu berevolusi untuk membuat produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," ujar dia.

Baca juga: Daftar Harga Innova Zenix, Varian Hybrid Mulai Rp 458 Juta

Untuk diketahui, Toyota pertama kali meluncurkan Kijang pada 1977. Waktu itu Kijang hadir dengan konsep BUV atau Basic Utility Vehicle.

Kini, Toyota Kijang Innova Zennix kini mengusung sasis monokok dengan penggerak depan (FWD), berbeda dari sebelumnya yang pakai sasis tangga dengan penggerak belakang (RWD).

Hal ini lantaran Toyota telah menyematkan platform TNGA-C, yang sama dengan mobil-mobil Toyota lain seperti Voxy maupun Corolla Cross.

Selain itu, Innova Zenix kini juga telah memiliki pilihan mesin dan hybrid, dan meninggalkan pilihan mesin diesel. Termasuk juga hilangnya pilihan transmisi manual yang selalu ada pada Kijang generasi sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.