Kompas.com - 22/11/2022, 07:02 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com – All New Kijang Innova Zenix Hybrid mengusung mesin baru dengan teknologi hybrid, yang membuat konsumsi bahan bakar mobil ini jauh lebih hemat dibandingkan model sebelumnya.

Fakta data tertulis menyebutkan, mesin Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki kode M20A-FXS, 4 silinder segaris, dengan kapasitas 1.987 cc.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 186 PS atau setara 184 Tk (system), 152 PS atau setara 150 Tk (engine) pada 6.000 rpm, serta 113 PS atau setara 111 Tk untuk motor listriknya saja.

Baca juga: Pecco Sudah Wanti-wanti Kepada Ducati Sebelum Memilih Bastianini

Mesin Toyota Innova Zenit HybridKOMPAS.com/NINDA Mesin Toyota Innova Zenit Hybrid

Sementara torsi puncaknya sebesar 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm dan 205,9 Nm untuk torsi dari motor listriknya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, tenaga yang dihasilkan mesin Innova Zenix Hybrid lebih besar ketimbang mesin diesel. Dengan tenaga yang lebih besar, tetapi konsumsi BBM diklaim lebih efisien.

“Jadi fuel consumption yang diesel kurang lebih 1 banding 14 (14 km per liter). Yang baru bensinnya saja kira-kira 1 banding 15 (15 km per liter), hybrid 1 banding 21 (21 km per liter),” ujar Anton di Jakarta (21/11/2022).

Baca juga: Daftar Harga Innova Zenix, Varian Hybrid Mulai Rp 458 Juta

Selain lebih efisien, performa Kijang Innova Zenix diklaim lebih baik dibandingkan Innova Reborn yang masih mengusung sasis ladder frame.

Klaim ini bahkan membuat Innova Zenix hybrid lebih irit ketimbang segmen mobil murah alias LCGC yang harus punya konsumsi BBM minimal 20 km per liter berdasarkan regulasi pemerintah.

“Kedua, dari segi akselerasi karena memiliki mesin baru, bobotnya juga lebih ringan, dan power to weight-nya juga lebih baik 70-an persen. Bahkan akselerasi 0-100 kpj yang bensin model baru, ini lebih cepat dari diesel,” kata Anton.

Baca juga: Belajar dari Insiden Sepeda Motor Hajar Belakang Truk di Kediri

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Adapun buat garansi baterai, Anton mengatakan, pihaknya memberikan garansi baterai All New Kijang Innova Zenix selama 8 tahun atau 160.000 km.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto mengatakan, Innova Zenix Hybrid memiliki emisi gas buang lebih rendah, dengan pengurangan emisi gas buang hingga 50 persen.

"Kehadiran model ini diharapkan tidak hanya menjadi solusi bermobilitas yang ramah lingkungan, namun juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," ucap Henry pada kesempatan yang sama.

"Model baru ini memiliki peningkatan performa yang lebih baik, rata-rata sebesar 25 persen. Serta konsumsi BBM yang lebih irit, rata-rata di atas 50 persen dibandingkan dengan generasi yang sekarang,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.